Bubuk kopi kasar di sebuah kedai kopi di Makassar. MI/Susanto
Bubuk kopi kasar di sebuah kedai kopi di Makassar. MI/Susanto

Ampas kopi bisa dipakai bersih-bersih

Properti kopi
Rizkie Fauzian • 21 Juni 2018 15:18
Jakarta: Meminum secangkir kopi hangat di waktu pagi dan sore hari merupakan kebiasaan yang sering masyarakat lakukan. Bagi kesehatan, kopi ternyata memiliki banyak manfaat seperti mengurangi resiko diabetes, menurunkan risiko kanker dan meningkatkan metabolisme tubuh.
 
Namun tahukah Anda, ampas sisa minum kopi juga ada manfaatnya? Ampas serbuk kopi yang tertinggal di dasar cangkir itu bisa digunakan membersihkan rumah.
 
Membersihkan debu lantai

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika rumah Anda sering berdebu, Anda bisa menggunakan ampas kopi basah untuk menghilangkannya. Taburkan ke lantai yang berdebu, nantinya ampas kopi basah tersebut mengikat debu dan membuatnya tidak bertebangan sehingga memudahkan dibersihkan.
 
Menghilangkan goresan furniture
 
Jika ada furnitur kayu rumah Anda yang tergores, Anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan ampas kopi. Caranya sangat sederhana Anda hanya menaburkan ampas kopi di bagian furnitur yang tergores lalu diamkan 10 menit, setelah itu bersihkan dengan menggunakan kain bersih.
 
Membersihkan wajan
 
Ampas kopi juga dapat digunakan membersihkan piring atau wajan, caranya sederhana Anda tinggal menggunakan ampas kopi dengan spons kemudian digosok di bagian yang kotor oleh jelanga.
 
Ampas kopi bisa dipakai bersih-bersihPewangi kulkas
 
Jika kulkas rumah Anda mumali menguarkan bau yang tidak sedap, hilangkan dengan menggunakan bukuk atau biji kopi. Siapkan wadah kecil yang berisikan kopi didalamnya, kemudian taruh wadah tersebut di dalam kulkas, maka bau tidak sedap dapat lenyap seketika.
 

Pengharum toilet
 
Kopi juga bisa digunakan untuk pengharum kamar mandi, aroma kopi yang khas dapat menghilangkan bau tidak sedap dalam kamar mandi. Caranya dengan menggunakan sehelai kain yang diisi dengan segenggam bubuk atau biji kopi, lalu gantung di kamar mandi. Jangan lupa menggantinya secara berkala.
 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi