Transaksi properti melalui online memang menjanjikan kemudahan. (Foto: Shutterstock)
Transaksi properti melalui online memang menjanjikan kemudahan. (Foto: Shutterstock)

Cara Aman Beli Rumah via Online

Properti perumahan
Rizkie Fauzian • 28 Februari 2019 08:33
Jakarta: Pesatnya perkembangan teknologi digital membuat transaksi jual beli dilakukan melalui online. Tak terkecuali jual beli properti.
 
Transaksi melalui online memang menjanjikan kemudahan. Namun, dalam membeli hunian via online ada beberapa hal yang perlu diperhatikan calon pembeli.
 
1. Lakukan Riset

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum membeli rumah sebaiknya dilakukan riset secara mendalam. Misalnya, terkait kondisi lingkungan, harga jual di kawasan tersebut, dan lainnya.
 
"Dengan memperoleh banyak informasi, hal tersebut bisa membantu kita dalam mengambil keputusan," kata Head of Real Estate OLX Indonesia Ignasius Ryan Hasim, di Jakarta, Rabu, 27 Februari 2019.
 
2. Pastikan Legalitas Surat
 
Hal ini sangat penting. Jangan sampai rumah yang dibeli akan menuai masalah karena legalitasnya bermasalah. "Saya sarankan untuk mengecek kembali legalitas surat rumah," ucap Ignasius.
 
3. Tinjau Langsung
 
Datangi langsung lokasi hunian yang Anda incar. Jangan percaya begitu saja dengan tampilan di laman penjualan atau brosur. Ini untuk menghindari kekecewaan karena tampilan di iklan berbeda dengan kenyataan.
 
Di Indonesia terdapat beberapa layanan jual beli properti online. Salah satunya, OLX Indonesia. Ia menjamin pembelian atau transaksi dilakukan secara aman.
 
"Kita lakukan edukasi dan riset terkait penjual. Sistem di kami juga memastikan bahwa iklan yang tayang berkualitas bagus dan tidak ada fraud. Kita juga berikan waktu tiga bulan untuk iklan tersebut. Kalau lewat dari waktu yang diberikan, iklan akan kita turunkan," kata Ignasius.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif