Tak Perlu Jebakan, Ini 7 Cara Alami Mengusir Tikus (Foto: Pexels)
Tak Perlu Jebakan, Ini 7 Cara Alami Mengusir Tikus (Foto: Pexels)

Tak Perlu Jebakan, Ini 7 Cara Alami Mengusir Tikus

Muhammad Syahrul Ramadhan • 31 Januari 2022 14:54
Jakarta: Keberadaan tikus di rumah sangatlah mengganggu. Sebab, ukan hanya barang-barang saja yang rusak tapi juga bisa membuat penghuninya terkena penyakit.
 
Untuk mengusir atau menangkap tikus di rumah cara umum digunakan adalah memasang jebakan atau racun tikus. Namun, cara itu terlalu kejam untuk menghilangkan keberadaan hewan pengerat itu dari rumah.
 
Ilustrasi jebakan tikus
(Ilustrasi jebakan tikus foto: Pexels)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi jika memakai racun tikus, cara ini malah bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. Seperti bingung mencari bangkai tikus yang sudah mati keracunan.

Cara mengusir Tikus

Daripada memasang jebakan atau racun tikus, Kamu bisa loh memakai cara yang lebih alami dan bersahabat. Salah satunya dengan menggunakan bau-bauan yang dibenci tikus.

Bau-bau yang tidak disukai tikus

1. Kamper

Jika tidak bisa memelihara kucing, Anda bisa menggunakan kamper. Tempatkan beberapa kamper di sudut ruangan yang sering dilewati tikus, bau kamper yang menyengat nantinya akan membuat tikus kabur dan tidak kembali lagi.

2. Lada

Lada juga bisa digunakan untuk mengusir tikus, bau lada yang menyengat dapat membuat tikus takut untuk mendekat. Jadi Anda bisa menaburkan lada di sudut ruang rumah atau tempat biasa di mana tikus terlihat.

3. Daun mint

Oleskan minyak yang berasal dari daun mint (mentha codifolia) pada selembar karton dan letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Tikus tidak akan datang lagi ke tempat itu karena tikus tidak suka bau mint.

4. Bawang merah

Selain dapat digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, bawang merah ternyata juga bisa mengusir tikus. Bau bawang merah yang menyengat dapat membuat tikus kabur dan tidak akan kembali lagi.

5. Cuka

Cuka juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Caranya sederhana, teteskan cuka di sudut ruangan atau pun lubang tempat tikus berada. Tikus sangat tidak suka dengan aroma cuka yang menyengat.

6. Kulit telur

Selain menggunakan racun tikus, Anda bisa menggunakan kulit telur dengan cara menghancurkannya. Setelah itu, tabur di tempat yang sering dilewati tikus.

7. Daun kemangi

Selain enak dimakan untuk lalapan, daun kemangi ternyata juga ampuh untuk mengusir tikus dari dalam rumah. Anda cukup menebarkan daun kemangi di area yang sering dilewati tikus, maka tikus pun akan pergi.
 
Selain cara-cara di atas, Kamu juga bisa mengatasi masalah tikus di rumah dengan memelihara kucing. Selain lucu, kucing juga bisa digunakan untuk mengusir tikus.
 
Cara ampuh mengusir tikus dari rumah dengan menggunakan kucing
( Cara mengusir tikus dengan memelihara kucing Foto: AFP)
 
Kucing adalah predator tikus. Oleh karena itu cara termudah untuk mengusir tikus, Anda bisa memelihara kucing di rumah. Dengan begitu rumah kamu tidak disatroni tikus lagi.
 
 
 
(RUL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif