Ilustrasi pengecoran beton. Foto: Shutterstock
Ilustrasi pengecoran beton. Foto: Shutterstock

3 Tips Meningkatkan Kualitas Beton untuk Bangunan

Antara • 26 Oktober 2022 19:41
Jakarta: Properti atau bangunan erat kaitannya dengan beton sebagai material pengecoran, pondasi, atap dak, tiang hingga pembatas antarlantai sehingga tiap bangunan memerlukan lapisan beton yang kuat, tahan suhu tinggi hingga korosi.
 
PT Adhi Cakra Utama Mulia selaku distributor Aquaproof membagikan sejumlah kiat untuk meningkatkan kualitas beton agar properti Anda tetap terjaga di berbagai kondisi cuaca.
 
Pertama, dalam proses pengecoran beton, proporsi komponen material yang digunakan harus sesuai dengan perencanaan agar mendapat beton yang berkualitas. Komponen pembentuk beton terdiri dari campuran semen, air, pasir (agregat halus) dan kerikil (agregat kasar).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, perhatikan bahan air sebagai komponen yang memiliki peran penting dalam pembentukan beton, yakni sebagai pencampur komponen lainnya dalam proses pengadukan. Jika Anda kekurangan air, maka aliran beton tidak lancar dan menimbulkan risiko keropos pada bangunan. Sebaliknya, jika kebanyakan air beton akan menurunkan daya kuat dan tekan beton.
 
Baca juga: 5 Tips Renovasi Rumah yang Gak Bikin Kantong Jebol

Ketiga, gunakan bahan tambahan dalam proses pengecoran beton, misalnya Betonmix yang dicampurkan ke dalam adukan sebanyak 1 persen dari berat semen. Penambahan cairan akan membuat beton lebih padat, tidak keropos dan kedap air.
 
Marketing Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia Chandra Kurniawan menjelaskan, penggunaan Betonmix dapat memberikan keuntungan antara lain meningkatkan mutu beton, mempercepat pengerasan, mempermudah pengecoran dan meningkatkan kekedapan air.
 
"Bahan penguat beton atau obat beton Betonmix merupakan salah satu produk dari Aquaproof yang berbentuk cairan bening siap pakai dengan Superior Plasticizer Technology yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas adukan beton," kata Chandra.
 
Ia menjelaskan, Betonmix dapat digunakan dengan dua cara, yaitu pengadukan manual dan ready mix. Pengadukan manual memerlukan Betonmix ukuran 1 kg untuk 2-8 zak semen (1 zak semen = 50 kg) atau 0,2-1 persen dari berat semen. Sedangkan untuk ready mix disesuaikan dengan kualitas beton dan kapasitas mobil pengaduk.

 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif