Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dapur basah, lembab, dan kotor (Foto:Dok.Ruparupa.com)
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dapur basah, lembab, dan kotor (Foto:Dok.Ruparupa.com)

5 Tips agar Lemari Dapur Tidak Lembab dan Berjamur

Properti desain interior Ace Hardware tips rumah Dapur Desain dapur minimalis
Rosa Anggreati • 18 April 2022 15:42
Jakarta: Dapur adalah salah satu area di rumah yang sering basah dan lembab. Apalagi, area ini kerap digunakan untuk memasak dan mencuci piring sehingga mudah berbau apek, kotor, serta berjamur, termasuk di dalam lemari dapur.
 
Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari hal tersebut. Apa saja itu?


1. Buat sirkulasi udara yang lancar


Hal pertama yang bisa mencegah lemari dapur tidak berjamur adalah memastikan kelancaran sirkulasi udara. Pastikan dapur memiliki lubang ventilasi kecil sehingga dapat membantu sirkulasi udara mengalir ke dalam ruangan.
 
Selain itu, kamu juga dapat membuat lemari terbuka saat meletakkan peralatan dapur yang belum kering agar lemari tidak jadi lembab. 


2. Pasang lampu yang hangat


Ternyata pencahayaan di dapur juga dapat menjaga kelembapan di dalam area ini,  lho. Salah satu caranya adalah dengan memasang lampu di dapur, yang  berwarna hangat seperti warm white atau kuning. Anda juga dapat menambahkan lampu pada bagian dalam lemari agar bisa menjaga suhu, serta memudahkan kamu mencari barang yang diperlukan saat masak. 


3. Keringkan peralatan dapur


Salah satu hal yang membuat lemari dapur cepat lembab adalah kebiasaan untuk tidak mengeringkan peralatan dapur dengan benar setelah dicuci. Akibatnya, air sisa cucian menetes di dalam lemari. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk itulah, Anda wajib mengelap semua peralatan dapur sampai kering menggunakan kain bersih, sebelum menyimpannya ke dalam lemari tertutup. Anda juga dapat menggantungkan peralatan dapur di dinding kitchen set sampai kering, seperti wajan, panci, hingga spatula.


4. Sesekali buka pintu lemari


Membuka pintu lemari sesekali juga bisa mencegah munculnya jamur dan bau apek. Soalnya, udara di dalam lemari bisa mengalir dan menstabilkan suhunya. Nah, Anda bisa membuka pintu lemari saat membersihkan isi di dalamnya. Jadinya, serangga kecil, seperti kecoak, laba-laba, atau serangga lainnya, tidak bersarang di dalam lemari.
 

5. Masukkan silica gel


Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan benda satu ini, bukan? Silica gel memang sering ditemukan pada berbagai produk, seperti sepatu, kotak alat musik kayu, dan lain-lain. Fungsi dari silica gel adalah buat menyerap uap yang ada di dalam lemari dan menjaganya tetap kering. Jadinya, lemari dapur pun tidak mudah lembab.
 
Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar lemari dapur di rumah tidak lembab dan berjamur. Nah, bila Anda ingin mencari berbagai peralatan dapur dan perabot rumah tangga berkualitas, Anda dapat menemukannya dengan mudah hanya di Ruparupa.com, lho.
 
Situs belanja online ini menjual berbagai produk rumah tangga dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain.  Yuk, jaga area dapur agar tetap bersih.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif