Merawat lantai kayu agar terhindar dari rayap. Foto: Shutterstock
Merawat lantai kayu agar terhindar dari rayap. Foto: Shutterstock

6 Tips Ampuh Merawat Lantai Kayu

Properti rumah Tips Properti tips rumah
Rizkie Fauzian • 04 Januari 2021 12:31
Jakarta: Lantai kayu membuat hunian terkesan lebih hangat dan nyaman. Warnanya yang natural, cocok dipadukan dengan dekorasi apapun.
 
Namun, perawatan lantai kayu berbeda dengan material lainnya. Sifatnya yang mudah lembab dan menyerap air sehingga debu dan kotoran lebih susah dibersihkan.
 
Untuk itu, diperlukan penanganan yang tepat dalam membersihkan lantai kayu agar tetap bersih dan awet, termasuk mengantispiasinya dari serangan hama rayap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini tips membersihkan lantai kayu seperti dikutip Housebeautiful.

1. Bersihkan kotoran segera

Gunakan kain kering atau sedikit lembab untuk menyeka lantai yang kotor. Hindari penggunaan pel basah atau uap, hal tersebut membuat lantai kayu mudah rusak. Sifat kayu mudah menyusut tergantung dari kelembapan ruangan, oleh karena itu penting untuk menjadi kelembapan.

2. Gunakan pelindung furnitur

Goresan adalah masalah terberat untuk lantai kayu. Namun beberapa goresan tidak dapat terhindarkan, sehingga Anda harus melindungi lantai dengan memberikan perlindung kepada furniture di rumah Anda agar tidak langsung menyentuh lantai. Anda bisa menambahkan bantalan furnitur ke kaki kursi, sofa, meja, dll.

3. Sapu setiap hari

Menjaga kebersihkan lantai sangat diperlukan. Sebaiknya Anda menyapu lantai setiap hari agar tidak berdebu. Selain itu, jangan gunakan sepatu di dalam rumah terutama jika lantai Anda terbuat dari kayu. Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, Anda juga harus pertimbangkan masalah kebersihan.

4. Vacum seminggu sekali

Menyedot debu setiap minggu bukan hanya kunci untuk menjaga kebersihan rumah Anda, tetapi juga memastikan remah-remah dan kotoran yang Anda lewatkan saat menyapu tidak menggores lantai.

5. Gunakan pembersih lantai khusus

Anda bisa membersihkan lantai dengan pembersih khusus untuk kayu. Lakukan setidaknya satu bulan dalam sekali agar lantai kayu Anda tetap awet.

6. Lakukan recoating lantai

Seiring waktu, lantai kayu di rumah Anda mulai terlihat sedikit kusam. Anda harus memperbarui dengan cara recoating. Ini melibatkan pengaplikasian pelapis lantai kayu.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif