Tips untuk membuat wahana wall climbing di dalam rumah (Foto: Housebeautiful/Suzanna Scott)
Tips untuk membuat wahana wall climbing di dalam rumah (Foto: Housebeautiful/Suzanna Scott)

Tips Membuat Wall Climbing di Rumah

Properti Tips Properti
Anggi Tondi Martaon • 23 Juni 2019 10:07
Jakarta: Ada beberapa jenis kegiatan yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga. Salah satunya, panjat dinding. Meski olah raga ini umumnya dilakukan di luar rumah, kini bisa dilakukan di dalam.
 
Bahkan olahraga yang satu ini tak hanya disukai oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Berikut ini beberapa tips untuk membuat wahana wall climbing di dalam rumah.
 
1. Sesuaikan dengan Pengguna

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal pertama yang harus dilakukan adalah siapa pengguna wall climbing. Sebab, beberapa unsur panjat tebing harus disesuaikan dengan pengguna, seperti posisi dinding hingga jenis genggaman.
 
2. Sesuaikan Kondisi Ruangan
 
Salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu bentuk. Jangan pernah memaksakan membangun arena panjat dinding seperti yang ada di outdoor.
 
Jika wall climbing diperuntukkan bagi anak-anak, Anda bisa membuatnya dengan bentuk horizontal, meski tingginya terbatas namun luas area panjat dinding lebih luas.
 
3. Penyusunan Bingkai
 
Jika wall climbing dibuat untuk anak-anak, maka keamanan adalah yang utama. Pastikan bahwa bingkai yang terpasang jaraknya tidak terlalu jauh. Salah satu rekomendasi yang diberikan yaitu mengatur jarak bingkai 2x4 secara teratur.
 
4. Menggunakan Bahan yang Tepat
 
Papan setebal 3/4 atau 1 inci cocok digunakan untuk anak-anak, biasanya ukuran papan tersebut banyak diterapkan oleh gym pendakian.
 
Tak hanya itu, permukaan papan juga harus diperhatikan. Disarankan agar memilih papan tipe Baltic Birch.
 
5. T-nuts
 
T-nuts adalah alat yang digunakan untuk mengikat kayu, partikel atau komposit yang dipasang pada bagian belakang papan.
 
Pasang T-nutt secara teratur dan berjarak 6-8 inci. Hal itu berguna agar pengguna tidak kesulitan jika ingin mengubah atau memindahkan pegangan.
 
6. Kualitas Pegangan
 
Bookser mengingatkan kualitas pegangan harus disesuaikan dengan volume papan panjat tebing. Jika sering, maka sangat disarankan menggunakan genggaman yang berkualitas baik.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif