Tips menata ruang kerja di rumah. Foto: Freepik
Tips menata ruang kerja di rumah. Foto: Freepik

5 Tips Menata Ruang Kerja di Rumah

Medcom • 10 November 2024 16:01

Jakarta: Tata letak ruang kerja di rumah dapat memengaruhi produktivitas kinerja kamu. Menata ruangan yang tepat sangat diperlukan bagi kamu yang bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). 

Menciptakan ruang kerja yang nyaman bisa meningkatkan fokus saat bekerja. Dikutip dari HGTV, penata ruangan profesional Vicki Norris membagikan tips menata letak ruang kerja di rumah. Berikut ini tips cepat menata kantor rumah.

Tips menata kantor rumah

5 Tips Menata Ruang Kerja di Rumah
Tips menata ruang kerja di rumah. Foto: Freepik

1. Investasi pada peralatan yang memadai

Ruang kerja di rumah memerlukan area kerja yang bersih. Kamu perlu menyediakan ruang yang cukup untuk perangkat komputer dan peralatan lainnya, dan ruang penyimpanan. Pastikan juga perabot kantor menyediakan ruang yang cukup untuk bekerja dan menyimpan barang.

2. Fokuskan area pekerjaan

Sebuah ruang kerja yang efisien harus dibagi menjadi tiga area aktivitas, yakni pusat kerja, pusat referensi, dan pusat persediaan. Pusat Kerja mencakup ruang kerja yang bersih, komputer, dan produk kantor yang sering digunakan. Kemudian, pusat referensi meliputi dokumen, buku, hingga materi-materi profesional. Pusat persediaan berisi perlengkapan kantor dan kertas.

3. Pemanfaatan barang sehari-hari

Posisikan peralatan yang dimiliki berdasarkan frekuensi penggunaan. Jika digunakan setiap hari, tentukan peralatan tersebut mudah dijangkau.

Saat memasang perangkat komputer, perhatikan akses ke drive, baki, hingga kabel. Perlu diperhatikan untuk tidak menghalangi akses ke laci atau penggunaan kabel yang kusut untuk memenuhi ruang kaki.

Baca juga: 6 Cara Membuat Tamu Betah Menginap di Rumah

4. Menyembunyikan kabel dan kawat

Pengatur profesional Tom Nevermann memberikan tips cara mengendalikan kabel yang sulit diatur dan merawat peralatan media dan komputer. Pertama, lipat kembali label pada setiap kabel dan beri label pada kabelnya.

Jangan lupa beri label pada kabel yang menghubungkan berbagai komponen satu sama lain, serta kabel yang terhubung ke sumber listrik. Kemudian, gabungkan kabel sejenis untuk mengurangi kekacauan kabel, seperti mengabungkan kabel speaker komputer dengan kabel speaker stereo.

Gunakan pelindung lonjakan arus untuk semua peralatan elektronik yang rapuh. Kemudian, sediakan lembaran pelembut kain bekas untuk membersihkan CD dan DVD. Perlu hati-hati untuk tidak menumpuk peralatan apa pun pada alat yang memiliki ventilasi di bagian atas, seperti amplifier atau penerima satelit karena berpengaruh menjadi terlalu panas.

Dalam membersihkan layar TV, gunakan kain bebas serat, seperti kaos yang tidak digunakan. Semprotkan air ke kain dan lap hingga bersih. Jangan pernah menggunakan pembersih jendela untuk membersihkan layar komputer.

5. Membangun area pengolahan kertas

Pisahkan tumpukan kertas menjadi tiga area berbeda. Buatlah area di pusat kerja untuk dokumen yang memerlukan tindakan segera. Kemudian, simpan kertas yang terkait dengan klien yang mudah diakses. Tetapkan sistem pengarsipan permanen untuk dokumen. (Theresia Vania Somawidjaja)


 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(KIE)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan