Untung-rugi sewa rumah. Foto: Shutterstock
Untung-rugi sewa rumah. Foto: Shutterstock

Mau Sewa Rumah? Simak Dulu Untung-Ruginya

Rizkie Fauzian • 09 Februari 2022 16:59
Jakarta: Memiliki hunian pribadi menjadi keinginan setiap orang. Namun, harga yang terus naik membuat sebagian orang kesulitan membeli rumah sehingga memutuskan mengontrak atau sewa.
 
Tak ada salahnya menyewa rumah terlebih dahulu sambil mengumpulkan uang. Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda ketahui saat mengontrak rumah.

Keuntungan sewa hunian

Menyewa rumah bukan berarti pilihan yang tidak bijak. Jika kondisi keuanganmu pas-pasan dan tidak ada spare untuk membeli properti, maka memang pilihan bijak menyewa terlebih dulu sambil mengumpulkan uang untuk men-DP hunian.

1. Lokasi

Menyewa hunian pun dapat memberikanmu pilihan yang lebih banyak. Anda bisa memilih kontrakan atau kos yang dari segi lokasi dan tempat kerjamu berdekatan. 
 
Sehingga, dari segi waktu dan biaya transportasi lebih hemat. Tapi, apakah benar lebih hemat? Coba perhitungkan lagi pengeluaranmu ketika menyewa rumah.

2. Perawatan minim

Selain itu, dengan menyewa sebuah rumah, berarti kamu tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan. Umumnya, perawatan rumah akan dibebankan kepada sang penyewa, tapi dengan catatan telah disepakati sejak awal.
 
Dengan perhitungan tersebut, Anda dapat menekan biaya transportasi. Syukur-syukur, hunian yang Anda sewa letaknya dekat dengan tempat kerja, sehingga dapat dicapai dengan jalan kaki atau bersepeda saja.  

3. Praktis

Selain sewa hunian, alternatif lainnya adalah sewa apartemen. Karena dinilai lebih praktis, dan bisa memilih apartemen yang dekat dengan tempat kerja.
 
Selain praktis, tinggal di apartemen di dekat tempat kerja akan mengeliminir ongkos transportasi. 

Kerugian sewa hunian

1. Tak punya aset

Menyewa hunian sebagai tempat tinggal memang lebih murah di bandingkan membelinya. Namun, menyewa berarti Anda tidak mendapatkan aset, kamu hanya mendapatkan hak sewa guna. 

2. Pengeluaran setiap bulan

Menyewa hunian berarti Anda akan menggelontorkan uang per bulan atau tahunan untuk biaya sewa kepada orang lain. Padahal, kalau kita alokasikan dana itu sebagai cicilan, Anda akan mendapatkan aset hunian jika cicilan lunas.
 
Itulah hal yang bisa Anda pertimbangkan apakah menyewa atau membeli hunian.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif