Tips naikan nilai jual rumah. Foto: Shutterstock
Tips naikan nilai jual rumah. Foto: Shutterstock

6 Cara Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Properti Tips Properti tips rumah Perjanjian Jual-Beli Properti Tips beli rumah
Rizkie Fauzian • 11 September 2021 13:53
Jakarta: Jual rumah bukanlah perkara mudah. Selain sulit tercapai kesepakatan antara penjual dan pembeli, rumahmu tak laku kalau cara menjualnya salah.
 
Tapi, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan harga jual rumah atau paling tidak menarik pembeli. Seperti yang dilakukan masyarakat pada umumnya, yaitu mempercantik hunian.  
 
Jika Anda menjual lewat agen, mungkin mereka bisa memberikan tips-tips rumah sepeti apa yang sedang menjadi incaran pasar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kalau sudah mengetahuinya, kamu bisa mempercantik rumahmu sesuai dengan pangsa pasar. Semua dilakukan demi memberikan kesan menarik untuk si pembeli dan akhirnya mereka membeli rumahmu.
 
Berikut, tujuh tips sederhana yang bisa kamu lakukan sebelum menjual rumah lamamu seperti dikutip dari moneymag.com.

1. Merapikan tanaman di depan pagar

Kalau kamu memiliki banyak pot-pot tanaman di teras rumah, ada baiknya merapikannya. Ganti pot lama yang sudah usang dengan pot terbaru. Potong ranting-ranting tanaman yang sudah menjalar ke mana-mana.

2. Bersihkan bagian luar rumah

Bersihkan bagian luar rumah kamu yang mau dijual. Karena tampilan luar adalah hal yang bakal pertama kali dilihat calon pembeli.
 
Kalau luarnya bersih, pembeli akan tertarik untuk melihat lebih jauh ke dalam ruangan. Tapi, kalau luar kamu kotor, boro-boro deh mereka mau mampir.

3. Buang barang-barang yang tak terpakai

Buang sebanyak mungkin barang-barang atau furnitur yang sudah tidak terpakai. Pasalnya, hal tersebut dikhawatirkan akan membuat rumah kamu terlihat berantakan. Kamu kan mau jual rumah, bukan jual kapal pecah!

4. Cat ulang

Jika warna cat rumah yang mau dijual sudah usang, ada baiknya melakukan pengecatan ulang. Tapi, gunakan warna yang lebih netral ya. Setelah dicat ulang, tampilan rumah kamu dijamin jadi lebih fresh, dan semakin menarik minta pembeli.

5. Memperbaiki masalah sepele

Sebelum menjual rumahmu, hal lain yang perlu dilakukan ialah melakukan maintenance alias pemeliharaan.
 
Misalnya, keran bocor, ubin yang mulai retak, dinding yang lembap, atau gagang pintu yang rusak. Ini mungkin sedikit sepele bagi kamu, tapi beberapa calon pembeli menganggap ini sebagai masalah besar.

6. Rencanakan tata ruang

Gak ada salahnya merenovasi terlebih dahulu sebelum menjual rumah kamu. Langkah ini dilakukan demi meningkatkan harga jual, juga menarik minat pembeli.
 
Coba kamu konsultasikan dengan arsitek dalam melakukan renovasi, kira-kira rumah seperti apa yang diidamkan pasar saat ini. Kamu juga bisa menanyakan seperti apa tata letak dan ukuran ruangan yang ideal saat ini.
 
Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebelum jual rumah lamamu. Menjual rumah itu memang bukanlah perkara mudah, tapi kamu bisa kok membuatnya menjadi lebih mudah dengan cara-cara di atas.
 
Sebagian orang menjual rumah dengan beberapa alasan, entah ingin pindah ke tempat baru, atau memang lagi butuh uang.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif