Kesalahan dalam mendekorasi rumah. Foto: Shutterstock
Kesalahan dalam mendekorasi rumah. Foto: Shutterstock

8 Kesalahan Dekorasi Ini Bikin Rumah Terlihat Berantakan

Properti rumah desain interior Tips Properti tips rumah
Rizkie Fauzian • 06 Januari 2021 17:20
Jakarta: Melakukan dekorasi rumah biasanya bertujuan untuk mendapatkan suasana baru. Namun, kesalahan saat mendekorasi bisa berakibat tampilan rumah justru berantakan.
 
Untuk itu penting untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk dekorasi. Berikut ini beberapa kesalahan yang biasanya terjadi saat mendekorasi rumah dan cara memperbaikinya.

1. Warna dinding gelap

Tertarik mengecat dinding dengan warna gelap, namun khawatir ruangan menjadi suram. Kunci untuk mengatasinya ialah memastikan pencahayaan baik.
 
Jika pencahayaan kurang, Anda bisa menggunakan lampu sorot atau downlight. Hal terpenting, jangan membiarkan langit-langit Anda juga terlihat suram.
 
Perhatikan untuk memilih perabot sederhana dan bersihkan barang-barang yang tidak penting agar ruangan tidak tampak sempit.
 
Gunakan material alami seperti kayu untuk menambahkan kesan natural. Anda juga bisa menambahkan dekorasi seperti tanaman hijau agar ruangan tampak segar.

2. Rak terbuka dan berantakan

Menempatkan setiap ornamen yang Anda miliki di rak-rak terbuka sering kali membingungkan. Jika tidak fokus, maka dekorasi rak tersebut justru tampak berantakan.
 
Langkah pertama, Anda harus fokus mengatur benda-benda tersebut. Misalnya, rak bagian atas hanya untuk piala atau piagam.
 
Anda juga bisa memisahkan koleksi pajangan berdasarkan warna. Misal, warna putih dicampur warna gelap atau terang. Sebaiknya hindari latar yang berpola agar mata tidak bingung.
 
Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa buku favorit di rak tersebut. Pilihlah beberapa buku menarik dengan sampul buku yang menarik perhatian.

3. Warna sofa pucat

Jika Anda mempunyai hewan peliharaan dan balita, disarankan jangan membeli sofa warna pucat karena mudah kotor. Namun, jika Anda telanjur menyukai sofa warna pucat, sebaiknya lakukan hal berikut ini.
 
Pertama, Anda harus rajin membersihkan sofa tersebut. Warna pucat membuat noda kecil mudah terlihat. Anda juga bisa menambahkan slipcover berwarna terang untuk dekorasi sekaligus melindungi sofa Anda.
 
Langkah lain, tambahkan tumpukan bantal kecil dan besar dengan corak-corak berwarna-warni sehingga tampilan sofa lebih cerah.
 
Tips lainnya, ketika sofa Anda terkena tumpahan atau noda, segera bersihkan menggunakan sikat gigi dan jangan menggosok keras.

4. Ruang tamu kaku

Membuat tamu berkesan saat datang ke rumah adalah hal utama bagi Anda. Namun seringkali gaya lebih diutamakan daripada kenyamanan sehingga berakhir dengan dekorasi yang terasa kaku dan tidak ramah.
 
Masalahnya mungkin terletak pada bagaimana posisi furnitur di rumah Anda. Tempat duduk harus diatur sedemikian rupa sehingga mendorong interaksi Anda dengan tamu.
 
Letakkan tempat duduk yang cukup dekat untuk mendorong percakapan alih-alih menempel ke dinding, yang hanya membuat Anda memiliki tanah kosong di tengah ruangan.

5. Posisi lukisan

Kesalahan umum yang sering terjadi saat mendekorasi dinding dengan lukisan adalah menggantungnya terlalu tinggi. Sebaiknya, gantung lukisan setinggi mata saat orang berdiri.

6. Dapur

Dapur menjadi pusat perhatian lebih sering dibandingkan ruangan lain. Oleh karena itu, dekorasinya tidak boleh membosankan. Anda bisa memajang peralatan dapur seperti panci di dinding atau mangkuk berisi buah-buah di meja.

7. Furnitur

Jika Anda berjalan ke sebuah ruangan dan tidak menemukan hal yang tidak menarik, berarti ruangan tersebut tidak memiliki titik fokus.
 
Anda bisa memberikan titik fokus berupa pemandangan, karya seni,  atau cermin di ruangan tersebut.

8. Merenovasi

Apakah desain rumah Anda tidak pernah diubah? Melakukan renovasi di rumah memang bukan persoalan yang mudah. Selain merepotkan, biaya yang harus dikeluarkan juga tidak murah.
 
Cara yang paling gampang adalah mengubah dekorasi rumah dari hal terkecil. Misalnya, mencampur barang lama di rumah dengan aksesori baru.
 
Anda juga bisa mengganti tempat tidur dan batal, atau pindahkan tanaman hias, kursi, lampu. Ubah posisi furnitur agar pandangan segar dan menyenangkan.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif