Desain Ibu Kota Baru. dok: Kementerian PUPR
Desain Ibu Kota Baru. dok: Kementerian PUPR

Populer Properti: 70% Hunian di IKN Ditempati ASN hingga Penyaluran Dana FLPP

Rizkie Fauzian • 23 November 2022 08:55
Jakarta: Berita terpopuler properti pada Selasa, 22 November antara lain hunian di IKN didominasi ASN hingga dana FLPP yang disalurkan BP Tapera capai Rp21,137 triliun.
 
Berikut tiga berita terpopuler properti Medcom.id kemarin.

1. 70% Hunian di IKN Bakal Digunakan untuk ASN

Kementerian Perencanaan Pembangunan (PPN)/Bappenas mengungkapkan rencana hunian di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebanyak 70 persen akan dialokasikan untuk hunian ASN dan TNI-Polri.
 
"Untuk huniannya ada hunian bagi ASN dan non-ASN, pembagiannya 70 persen adalah hunian atau rumah untuk ASN dan TNI-Polri, termasuk pejabat negara," ujar Fungsional Perencana Ahli Utama, Kementerian PPN/Bappenas Hayu Parasati dalam diskusi virtual, Selasa, 22 November 2022.
 
Sedangkan 30 persen lainnya, akan dialokasikan untuk perumahan bagi masyarakat umum di KIPP IKN.
 
Baca selengkapnya di sini

2. Penyediaan Lahan hingga Pembiayaan Jadi Isu Perumahan di Indonesia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menekankan ada enam isu strategis yang mempengaruhi pelaksanaan program perumahan di Indonesia. Dalam pelaksanaan pembangunan perumahan tentunya dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai stakeholder.
 
"Berdasarkan analisis yang kami lakukan terkait penyediaan perumahan setidaknya ada enam isu strategis yang sangat berpengaruh bagi pembangunan papan di Indonesia," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam keterangan tertulis, Selasa, 
 
Menurut Iwan, kolaborasi yang dibutuhkan antara lain dengan pihak Kementerian atau Lembaga seperti kolaborasi Kementerian PUPR dengan Kementerian ATR/BPN, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Sarana Multigriya Finansial (SMF) dan BP Tapera.
 
Baca selengkapnya di sini

3. BP Tapera Salurkan Dana FLPP Rp21,137 Triliun hingga November 2022

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menyalurkan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebesar Rp21,137 triliun untuk 189.950 unit rumah hingga 16 November 2022.
 
Anggaran tersebut disalurkan untuk 10.304 perumahan yang dibangun oleh 6.632 pengembang dengan 37 Bank penyalur di 33 provinsi dan 393 kabupaten atau kota.
 
Berdasarkan data, penyaluran dana FLPP per Februari 2022 mencapai 13.345 unit, Maret sebanyak 32.420 unit, April 20.558 unit, Mei 12.435 unit, Juni 20.798 unit.
 
Baca selengkapnya di sini

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id


 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif