Perbaikan kualitas rumah melalui program bedah rumah. Foto: Kementerian PUPR
Perbaikan kualitas rumah melalui program bedah rumah. Foto: Kementerian PUPR

Perbaikan 2.900 Rumah Tak Layak Huni di NTB Hampir Rampung

Properti perumahan sejuta rumah bedah rumah Penyediaan Rumah Kementerian PUPR
Rizkie Fauzian • 12 Oktober 2020 16:59
NTB: Pelaksanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah hampir rampung.
 
Tercatat progres bedah rumah yang dilaksanakan di sembilan kabupaten/kota di NTB hingga bulan Oktober 2020 telah mencapai 86,17 persen.
 
"Kami mendorong pelaksanaan program BSPS di NTB agar bisa selesai tepat waktu karena memang sangat diperlukan oleh masyarakat," ujar Direktur Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR KM Arsyad dalam keterangan tertulis, Senin, 12 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Provinsi NTB mendapatkan alokasi sebanyak 2.900 unit rumah tidak layak huni. Penyalurannya dilaksanakan di sembilan Kabupaten/Kota yakni Kota Mataram 380 unit.
 
Selanjutnya Lombok Barat 290 unit, Lombok Tengah 355 unit, Lombok Timur 280 unit, Sumbawa Barat 200 unit, Sumbawa 300 unit, Dompu 425 unit, Kabupaten Bima 300 unit dan Kota Bima 340 unit.
 
"Jumlah bantuan yang kami salurkan ke setiap RTLH adalah Rp17,5 juta dengan rincian Rp15 juta untuk bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang," jelasnya.
 
Arsyad menambahkan bahwa program BSPS ini mendorong semangat bergotong royong untuk membangun rumah yang layak huni. Masyarakat membentuk kelompok terdiri dari 20 orang jadi yang saling membantu dan bergotong royong membangun rumah.
 
Dirinya bersama Walikota Mataram Ahyar Abduh juga melakukan pemasangan peneng ke rumah masyarakat yang menerimaProgram BSPS di Melurahan Pagutan Barat Kota Mataram.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif