Contoh desain hunian di Mars dengan bahan material bambu. (Foto: Dezeen)
Contoh desain hunian di Mars dengan bahan material bambu. (Foto: Dezeen)

Membangun Rumah di Mars Pakai Material Bambu, Mungkinkah?

Properti planet mars
Anggi Tondi Martaon • 09 September 2019 16:28
Kuala Lumpur: Bambu lumrah digunakan sebagai material dalam mendirikan bangunan maupun untuk furnitur. Namun, apa jadinya jika bambu digunakan untuk membangun rumah di Mars?
 
Dua desainer asal Malaysia, Warith Zaki dan Amir Amzar, mengusulkan ide membangun pemukiman di Mars dengan bahan bambu.
 
Desain rumah bambu yang diberi nama Benih Kehidupan itu dijadikan pilihan alternatif membangun koloni di Mars sehingga manusia tidak perlu mengangkut material berat dari bumi.
Membangun Rumah di Mars Pakai Material Bambu, Mungkinkah?
(Foto: Dezeen)
Bambu tersebut nantinya akan dirakit oleh robot otonom. Hasil anyaman akan dijadikan sebagai konstruksi utama mendirikan rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mencoba menemukan sesuatu di antara keseimbangan bahan alami dari bumi dan kecanggihan teknologi," kata Zaki, dikutip Dezeen.
 
Guna mewujudkan rencana membangun hunian dari bambu di Mars tentu saja membutuhkan waktu. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menanam bambu di Mars.
 
Untuk mengairi tanaman bambu, maka harus ditemukan sumber air. Para penjelajah harus menemukan es beku yang berada di bawah permukaan sebagai sumber air.
 
Setelah sumber air ditemukan, kemudian dibangun Ethylene Tetrafluoroethylene (ETFE) yang diisi dengan rebung, bibit bambu. Es beku tersebut dicairkan dan dialirkan menuju ETFE.
Membangun Rumah di Mars Pakai Material Bambu, Mungkinkah?
(Foto: Dezeen)
Setelah tumbuh dan berkembang selama tiga tahun, bambu tersebut kemudian dipanen dan dianyam oleh robot.
 
Hasil anyaman tersebut kemudian disiram dengan air dan dibiarkan membeku. Hal itu dilakukan untuk membuat lapisan perlindungan rumah.
 
Salah satu alasan Zaki dan Amzar memilih bambu yaitu cepat tumbuh dalam jumlah besar, sehingga sangat efektif mengurangi bahan material bangunan dari bumi.
Membangun Rumah di Mars Pakai Material Bambu, Mungkinkah?
(Foto: Dezeen)
"Manusia telah menguasai teknik membangun tempat tinggal dengan bambu atau kayu selama ribuan tahun. Bambu saja mungkin tidak bekerja dalam kondisi iklim ekstrem di Mars, tetapi dengan kombinasi teknologi dan bahan-bahan lain, akan memungkinkan," ucapnya.
 
Zaki dan Amzar mengakui jika banyak pihak yang tidak percaya dengan ide tersebut. Namun, setidaknya usulan mereka kian memperkaya alternatif membangun koloni di Mars.
 
Seperti diketahui, arsitek dan perancang sedang mempertimbangkan cara terbaik untuk membangun hunian manusia di Mars. NASA sedang menyiapkan kompetisi untuk merancang konsep habitat yang dicetak dalam format 3D.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif