Peningkatan daya saing pasar konstruksi nasional. Foto: MI
Peningkatan daya saing pasar konstruksi nasional. Foto: MI

CENS UI ke-17 Fokus Bahas Daya Saing Konstruksi

Properti pembangunan konstruksi daya saing indonesia Daya Saing
Anggi Tondi Martaon • 30 Oktober 2019 14:20
Jakarta: Civil Engineering National Summit (CENS) Universitas Indonesia (UI) ke-17 digelar. Wadah diskusi jurusan teknik sipil di Indonesia itu fokus pada peningkatan daya saing pasar konstruksi nasional.
 
Forum yang akan digelar pada 6 November 2019, itu membahas secara komprehensif upaya peningkatan daya saing konstruksi nasional, di antaranya penggunaan Cutting Edge Technologies (CET) melalui Building Information Modelling (BIM).
 
BIM merupakan sejenis software yang memiliki berbagai fungsi, yaitu mensimulasikan infromasi suatu desain tiga dimensi, menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB), menghitung durasi pengerjaan dan simulasi perawatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski mempermudah pengerjaan, CET melalui BIM atau teknologi lainnya belum maksimal diterapkan di Indonesia karena menghadapi pro kontra pengalihan peran manusia dalam sebuah pengerjaan konstruksi.
 
Selain itu, penerapan CET juga terkendala kemampuan sumber daya manusia (SDM) itu sendiri. CET tidak akan berdampak dalam meningkatkan daya saing pasar konstruksi Indonesia jika SDM tidak andal dalam mengaplikasikan teknologi.
 
Keuntungan dan kendala tersebut akan dikupas pada CENS UI ke-17. Acara yang digelar di Ballroom Hotel Pullman, Jakarta, itu dibagi ke dalam dua sesi.
 
Sesi pertama diisi oleh Secretary R&D Agency at Ministry of Public Works and Housing Herry Vaza, Chairman of the Commission Institute BIM Indonesia dan BIM Manager PT Waskita Karya Tbk Kharis Alfi, serta Director of Building Construction ot PT PP Anton Satyo Hendriatmo.
 
Sesi kedua diisi oleh Director of Taylor Thomson Whitting Marten Eddy, General Manager Hilti Indonesia Budi Wetman Silaban, dan Deputy Manager og Obayashi Corporation Kenta Tachibana.
 
CENS UI ke-17 juga akan menghadirkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai keynote speaker.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif