Hunian tetap bagi korban bencana gempa bumi di Sulawesi. Foto: Kementerian PUPR
Hunian tetap bagi korban bencana gempa bumi di Sulawesi. Foto: Kementerian PUPR

630 Hunian Korban Gempa Bumi Rampung Mei 2020

Properti gempa sejuta rumah Penyediaan Rumah
Rizkie Fauzian • 13 April 2020 15:52
Jakarta: Di tengah pandemi virus korona, pembangunan hunian tetap (huntap) bagi korban gempa bumi di wilayah di Sulawesi Tengah hampir rampung. Pembangunannya mencapai 71,5 persen dan ditargetkan rampung Mei 2020.
 
Pembangunan huntap dilakukan dengan memperhatikan protokol keamanan terkait covid-19, yakni physical dan social distancing di mana pengerjaan tiap rumah hanya dilakukan oleh tiga orang pekerja.
 
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa penanganan pascabencana Sulteng meliputi tahap tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pendekatannya adalah build back better, tidak sekadar membangun dengan kerentanan yang sama," ucap Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Senin, 13 April 2020.
 
Huntap dibangun menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA), karena tahan gempa dan proses pembangunannya yang lebih cepat dengan menggunakan sistem modular.
 
Pada tahap I, sebanyak 630 unit huntap di bangun di Sulawesi Tengah. Pembangunan huntap di dilakukan di dua wilayah yakni Kelurahan Duyu, Kota Palu dan Desa Pombewe, Kabupaten Sigi.
 
Di Kelurahan Duyu dibangun 230 unit huntap dan di Desa Pombewe sebanyak 400 unit huntap. Di Kelurahan Duyu lahan yang sudah bebas seluas 14,1 hektare yang akan digunakan untuk 230 unit huntap dengan target selesai Mei 2020. Saat ini progres pembangunan telah mencapai 227 unit atau 98 persen.
 
Sementara untuk Huntap di Desa Pombewe saat ini pengerjaannya telah mencapai 180 unit atau 45 persen. Untuk memenuhi kebutuhan air minum, air diambil dari intake sungai Paneki kemudian dialirkan ke Instalasi Pengolahan Air Paneki kemudian ke ground reservoir dan disalurkan ke Huntap Pombewe sebesar 28 liter/detik.
 
Pembangunan huntap di Sulawesi Tengah juga melibatkan donatur yakni Yayasan Buddha Tzu Chi yang membangun 1.500 unit di Kelurahan Tondo, Kota Palu dan 1.000 unit di Pombewe, Kabupaten Sigli. Huntap di Tondo dibangun dengan tipe 36 dan luas tanah 150 m2. Saat ini sebanyak 490 unit telah selesai dan 962 unit dalam proses penyelesaian.
 
Ditargetkan sebanyak 820 unit huntap akan selesai Mei 2020. Sementara untuk Huntap Pombewe saat ini ada 85 unit yang telah rampung dan 225 unit dalam proses penyelesaian.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif