Ingat, Rusun DP Rp 0 Tak Bisa Di-oper Kredit
Maket menara rusunami Samawa alias Klapa Village alias di kantor pemasarannya di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. MI/M Irfan
Jakarta:Antusiasme warga KI Jakarta untuk membeli unit rumah susun hak milik (rusunami) berskema uang muka Rp 0 cukup tinggi. Loket pendaftaran program Pemprov DKI Jakarta bernama Solusi Rumah Warga (Samawa) terus didatangi warga peminat.

Perlu diingatkan kembali bahwa ada yang berbeda dibanding KPR pada umumnya. Pembelian unit rusunami dengan skema tanpa uang muka ini tidak dapat dijual bahkan dialihkan kreditnya alias oper kredit.


"Jadi tidak bisa di-oper ke orang lain," kata Kepala Suku Dinas Perumahan Jakarta Utara Chaerul Lantip, Rabu (14/11/2018).

Namun memang ada kemungkinan warga yang sudah membeli tidak lagi tinggal di situ dan karenanya unit rusunami dijualnya ketika cicilan belum selesai. Berdasar aturan mainnya, rusunami yang oleh Gubernur Anies Baswedan diberi nama Samawa tersebut hanya dapat dijual kembali kepada Pemprov DKI Jakarta.  

Menurutnya jumlah pendaftar program Samawa di Jakarta Utara kini mencapai 467 orang calon pembeli. Sebanyak 188 di antaranya sudah melengkapi sebuah berkas yang menjadi syarat administratif.

"Sebanyak 188 pemohon sudah lengkap berkas dan terinput dalam sistem," ungkapnya.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id