Pemandangan kota New York. Foto: Shutterstock
Pemandangan kota New York. Foto: Shutterstock

New York Rilis Aturan Efisiensi Energi Gedung

Properti bangunan unik pencakar langit gedung unik
Anggi Tondi Martaon • 03 Desember 2019 12:25
New York: Kota New York baru saja mengeluarkan regulasi baru terkait peringkat efisiensi energi terhadap bangunan besar. Aturan tersebut rencananya akan diterapkan pada 2020.
 
Sebelumnya, Wali Kota New York Bill de Blasio juga melarang pembangunan gedung pencakar langit. Langkah tersebut merupakan upaya untuk mengatasi perubahan iklim akibat pemanasan global.
 
Kategori bangunan yang masuk dalam aturan tersebut minimal seluas 2.322 meter persegi. Nantinya, data terkait penggunaan energi dan air pada bangunan tersebut akan dipublikasikan ke publik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tujuan penerapan aturan tersebut yaitu mendorong standar efisiensi energi, terutama gedung. Setiap tahun, skor standar efisiensi energi akan diubah mengikuti perubahan yang dilakukan.
 
Dilansir dari Dezeen, penerapan aturan tersebut akan diproses secara online melalui program yang dibuat oleh The Environmental Protection Agency's Energy Star programme. Penilaian efesiensi penggunaan energi akan ditampilkan melalui peringkat A hingga F.
 
Dalam revisi tersebut, penilaian dianggap lebih ketat daripada sebelumnya. Nilai setiap skor yang diperoleh ditingkatkan.
 
Dalam aturan sebelumnya, nilai C diberikan kepada tingkat efesiensi energi dan air yang mendapatkan angka 20-50. Sedangkan saat ini, skor untuk nilai C yaitu 55-70.
 
Namun, skor untuk nilai A justru diturunkan dalam aturan baru ini. Jika sebelumnya skor untuk nilai A yaitu 90 ke atas, saat ini hanya 85 ke atas.
 
Sistem tersebut juga akan mempertimbangkan beberapa aspek dari bangunan tersebut. Di antarnya, ukuran, jenis dan jumlah penghuni gedung. Setelah hasil penilaian keluar, pengelola gedung diminta mempublikasikan secara jelas kepada publik.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif