NEWSTICKER
Keyakinan pembeli dan investor terhadap sektor propert meningkat. Foto: Shutterstock
Keyakinan pembeli dan investor terhadap sektor propert meningkat. Foto: Shutterstock

Tren Suku Bunga Turun, Keyakinan Investor Properti Meningkat

Properti investasi properti bank indonesia bisnis properti Investasi Rumah
Rizkie Fauzian • 07 Februari 2020 10:29
Jakarta: Meski kekhawatiran atas ketegangan geopolitik terus membayangi Asia, namun aktivitas pembeli dan investor properti di kawasan Asia tetap tinggi.
 
"Secara keseluruhan, meski terjadi ketidakpastian pada tahun lalu, tetapi saat ini mulai muncul optimisme," kata Managing Director of Capital Markets Colliers International Asia, Terence Tang, dalam siaran pers di Jakarta.
 
Menurutnya, keyakinan pembeli dan investor terhadap sektor properti itu antara lain karena berkurangnya ketegangan akibat perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Tren suku bunga di kawasan Asia yang juga mulai menurun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Alasan lainnya, yakni negara-negara di kawasan Asia juga dinilai memiliki prospek pertumbuhan jangka panjang dan fundamental perekonomian yang kuat. Tiongkok misalnya, meskipun mengalami likuiditas yang ketat, namun terjadi beberapa transaksi tinggi di sektor properti.
 
Tokyo misalnya, tetap menjadi pasar investasi properti utama untuk aset-aset perkantoran. Suku bunga rendah juga mendorong kesepakatan pasar di Korea Selatan.
 
Sementara itu, sektor properti di Indonesia dapat terus mendapatkan perhatian baik dari pengembang lokal maupun asing termasuk pembangunan rumah tapak serta pengembangan kluster khususnya untuk ritel dan industri.
 
Director of Capital Markets Colliers International Indonesia Steve Atherton menyatakan beberapa investor luar negeri tertarik dengan kawasan di CBD atau kawasan sentra bisnis lainnya di Jakarta.
 
"Dari segi infrastruktur, dengan semua investasi yang terselesaikan dan sedang berlangsung di Jakarta, kami berharap TOD (transit oriented development) akan meningkat ke depan," katanya.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif