Ilustrasi bedah rumah di Gorontalo. Foto: Kementerian PUPR
Ilustrasi bedah rumah di Gorontalo. Foto: Kementerian PUPR

4.286 Rumah Tak Layak Huni di Bogor Diperbaiki Tahun Ini

Antara • 14 Februari 2022 20:33
Bogor: Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, memperbaiki 4.286 rumah tidak layak huni (RTLH) dengan anggaran sekitar Rp44,4 miliar tahun ini. Sehingga total RTLH yang diperbaiki dapat mencapai target 20 ribu unit atau lebih.
 
Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor Juniarti Estiningsih, anggaran yang dialokasikan pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat lebih tinggi dari tahun lalu, padahal jumlah target lebih sedikit.
 
"Ini bentuk perhatian pemerintah dan dewan, masalah kesejahteraan masyarakat tetap prioritas meski masih pandemi covid-19," katanya di Bogor, Senin, 14 Februari 2022.
 
Dia membandingkan alokasi anggaran pada 2021 sekitar Rp40 miliar untuk 6.506 unit RTLH dengan capaian sebanyak 17.000 unit terbantu. Sementara, pada 2022 target berkurang namun anggaran tetap dimaksimalkan.
 
Meskipun Pemerintah Kota Bogor sempat mengurangi anggaran sebesar Rp10 miliar menjadi 3.300 unit karena dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) Kota Bogor yang dibahas bersama DPRD pada akhir tahun 2021 untuk 2022 mengalami defisit.
 
Namun hasil pembahasan bersama DPRD Kota Bogor, akhirnya anggaran Rp44,4 miliar telah ditetapkan. Sebanyak 4.286 RTLH yang akan dibantu melalui APBD Kota Bogor itu tersebar di enam kecamatan secara bertahap hingga akhir 2022.
 
Rumah warga yang mendapatkan bantuan akan mengalami proses administrasi sebelum akhirnya diurus di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).
 
Selanjutnya, warga akan mendapatkan bantuan perbaikan rumah sesuai dengan tingkat kerusakan dan dana yang dipersiapkan Pemerintah Kota Bogor.
 
"Itu tersebar ya, untuk rinci harus lihat di Sistem Sahabat," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif