Fasad sisi dalam gedung utama. Kegiatan pembangunan kompleks hunian bergaya arsitektur postmodernisme tersebut berlangsung mulai 1978 hingga 1982. AFP Photo/Lionel Bonaventure
Fasad sisi dalam gedung utama. Kegiatan pembangunan kompleks hunian bergaya arsitektur postmodernisme tersebut berlangsung mulai 1978 hingga 1982. AFP Photo/Lionel Bonaventure

Les Espaces d’Abraxas, Apartemennya Hunger Games

Properti paris hilton prancis bangunan unik
Rizkie Fauzian • 27 Desember 2018 12:12
Paris: Penggemar film Hunger Games tentu tidak asing lagi melihat bangunan yang satu ini. Les Espaces d’Abraxas di des Federes, Prancis tersebut sempat muncul di film yang dibintangi Jennifer Lawrence dan Josh Hutcherson.
 
Bangunan yang merupakan salah satu landmark Paris tersebut mulai dibangun pada 1978. Kegiatan pembangunan kompleks apartemen dan perumahan yang terdiri dari tiga kompleks bergaya arsitektur postmodernisme tersebut selesai pada 1982.
 

Denah tampak atas komplek hunian Les Espaces d’Abraxas karya Ricardo Bofill. designboom

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arsiteknya adalah Ricardo Bofill, seorang grandmaster dalam bangunan besar yang telah merancang lebih dari 500 proyek di 50 negara. Pria asal Spanyol ini bersikeras bahwa kompleks hunian juga bisa menjadi bangunan yang monumental dan punya karakter simbolik.
 
Sebagaimana dikutip dari designboom, kontruksi bangunan Les Espaces d’Abraxas dibuat dengan beton prefabrikasi. Fasad dibuat dan dipotong sesuai dengan bentuk masing-masing.
 
Pembangunan kompleks memiliki beberapa elemen penting, seperti le palacio, le théâtre, dan l'arc. Le palacio meliputi 18 lantai yang mencakup 600 unit apartemen bergaya neo klasik.
 

Detail selasar di antara gedung-gedung kompleks Les Espaces d’Abraxas karya Ricardo Bofill mengingatkan kepada situs bersejarah Petra di Yordania. designboom
 
Sementara le théâtre merupakan bangunan dengan struktur semi-lingkaran seperti huruf U yang mencakup 130 apartemen. Sedangkan l'arc berisi sejumlah kecil rumah.
 
Bangunan semen antik dengan variasi warna pastel yang lembut tersebut tampak indah namun mencolok. Tampilan struktur yang kaku membuatnya sangat kontras dengan arsitektur sekitarnya.
 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi