NEWSTICKER
Wisma Atlet Kemayoran bakal difungsikan sebagai tempat bagi pasien korona. Foto: Kementerian PUPR
Wisma Atlet Kemayoran bakal difungsikan sebagai tempat bagi pasien korona. Foto: Kementerian PUPR

Tahap Pertama Wisma Atlet Siapkan 1.000 Kamar bagi Pasien Korona

Properti Virus Korona wisma atlet jakarta Berita Kementerian PUPR covid-19
Antara • 19 Maret 2020 16:45
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan beberapa lembaga menyiapkan Wisma Atlet di Kemayoran untuk penanganan pandemi virus korona baru atau covid-19.
 
"Ini kerja sama karena yang punya (Wisma Atlet) kan Kementerian PUPR, ini lagi diperbaiki fisiknya dan strukturnya untuk dijadikan rumah sakit, alatnya sama dengan rumah sakit. Nanti beberapa lantai akan dipakai sebagai isolasi supaya virus tidak masuk," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga melalui konferensi video di Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Ia menyampaikan penggunaan Wisma Atlet untuk menangani covid-19 itu merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo. Perbaikan fisik dan struktur Wisma Atlet itu akan dikerjakan oleh BUMN Karya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dikerjakan oleh BUMN Karya seperti PT PP, Waskita Karya, Adhi Karya, dan Wijaya Karya, mereka akan bagi-bagi tugas, biayanya dari pemerintah," ucapnya.
 
Ia memaparkan terdapat dua menara yang akan disulap menjadi rumah sakit berkapasitas 2.000 kamar. Untuk tahap pertama, ditargetkan 1.000 kamar siap beroperasi terlebih dahulu.
 
"Targetnya minggu depan sudah bisa digunakan untuk menangani Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan pasien positif covid-19. Nanti klasifikasinya akan diatur oleh BNPB," katanya.
 
Arya menambahkan operasional rumah sakit covid-19 di dua menara Wisma Atlet itu juga akan melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
 
"Komandonya berada di tangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19," ucapnya.
 
Sementara untuk tenaga kesehatan, lanjut dia, nantinya akan berasal dari holding rumah sakit BUMN ditambah dengan relawan.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif