Beberapa orang Biksu membawa kendi berisi air suci yang dari Umbul Jumprit Temanggung melakukan prosesi penyemayaman Air Suci Waisak di Candi Mendut, Magelang, (28/5/2018). Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah
Beberapa orang Biksu membawa kendi berisi air suci yang dari Umbul Jumprit Temanggung melakukan prosesi penyemayaman Air Suci Waisak di Candi Mendut, Magelang, (28/5/2018). Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah

Kawasan Candi Mendut Selesai Ditata

Properti candi borobudur candi
Luhur Hertanto • 27 Desember 2018 02:03
Magelang: Pekerjaan penataan kawasan wisata Candi Mendut dan Tuk Boduyo dinyatakan selesai. Penataan ini merupakan bagian pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, Magelang.

"Diharapkan kawasan semakin berkualitas, jumlah wisatawan pun bertambah dan betah. Ini akan berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat setempat," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja, dalam keterangan tertulis, Rabu (26/12/2018).

Pekerjaan dilaksanakan Direktorat Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Kemeterian PUPR. Penataan mencakup pembangunan trotoar dengan lampu penerangan, saluran air dan pembuatan taman dengan nilai total Rp 3,8 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




Mata air Tuk Budoyo, Temanggung. dok/MI/Tosani Pada saat bersamaan dilakukan penataan terhadap kawasan Tuk Budoyo, Temanggung. Tuk Budoyo merupakan mata air di lereng Gunung Sumbing yang dikenal sebagai daerah penghasil tembakau srintil, salah satu tembakau terbaik nusantara.

Kawasan itu menarik wisatawan pada prosesi tanam dan panen tembakau. Petani melakukan ritual di Tuk Budoyo dengan harapan tanaman tembakau srintil tumbuh subur, aman dari hama dan tidak ada gangguan.

Penataan mencakup pengadaan gapura, pendopo, plaza, tempat pemandian, reservoir, toilet, musolah, gazebo dan lampu penerangan berikut genset. Nilai total proyeknya Rp 1,3 miliar.

 


(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi