AI SpaceFactory merancang rumah yang akan dibangun di Mars.  (Foto: AI SpaceFactory)
AI SpaceFactory merancang rumah yang akan dibangun di Mars. (Foto: AI SpaceFactory)

Seperti Apa Bentuk Rumah di Mars?

Properti nasa Arsitektur Unik
Rizkie Fauzian • 10 Mei 2019 21:15
Jakarta: Firma arsitektur yang berbasis di New York, AI SpaceFactory, memenangkan kompetisi mendesain hunian yang bisa digunakan di Mars.
 
Kompetisi bertajuk 3D-Printed Habitat Challenge dimulai sejak 2015. Kompetisi tersebut diikuti oleh beberapa perusahaan swasta.
 
Dalam kompetisi, NASA meminta arsitek untuk membangun tempat berlindung yang berkelanjutan di luar angkasa dan bisa memanfaatkan sumber daya yang tersedia.
Seperti Apa Bentuk Rumah di Mars?
(Foto: AI SpaceFactory)
NASA juga memberikan syarat dalam kompetisi seperti menggunakan pencetakan 3D, modeling software, pengembangan bahan dan konstruksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AI SpaceFactory keluar sebagai pemenang. Timnya telah membangun hunian luar angkasa tersebut selama 30 jam di Caterpillar, Edwards, Illinois.
 
Hunian berbentuk elips tersebut dibangun menggunakan bahan daur ulang dan yang mudah dikembangkan di Mars. Material kompositnya terbuat dari serat basaltik.
Seperti Apa Bentuk Rumah di Mars?
(Foto: AI SpaceFactory)
Sementara bioplastik dari zat tepung akan dikirim dari bumi. Material tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mesin pencetak yang langsung mencetaknya ke dalam lapisan.
 
Penn State menggunakan beton untuk membuat struktur dengan dua kubah. Setelah proses pencetakan selesai, struktur bangunan kemudian diukur kemampuannya untuk menahan atmosfer, toleransi untuk menahan dampak meteor, dan kekuatan keseluruhan.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif