Harga sewa properti komersial masih tertekan. Foto: Shutterstock
Harga sewa properti komersial masih tertekan. Foto: Shutterstock

Harga Sewa Properti Komersial Masih Tertekan

Properti investasi properti perumahan bisnis properti Properti milenial Investasi Rumah
Media Indonesia • 11 November 2020 16:51
Jakarta: Dalam laporan Daily Economic and Market Review PT Bank Mandiri disebutkan bahwa harga sewa properti komersil masih mengalami kontraksi.
 
Mengacu pada Survei Harga Properti Komersil 1H20 dari Bank Indonesia, tercatat harga sewa properti komersil secara keseluruhan terkontraksi -5,38 persen yoy pada kuartal II-2020 dibandingkan kuartal sebelumnya -3,02 persen.
 
Office of Chief Economist Bank Mandiri menyebut, besaran kontraksi berbeda di tiap daerah. Ditinjau dari pendekatan per provinsi, tercatat bahwa harga sewa apartemen di Bandung kontraksi hingga -54,39 persen yoy.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, tren perbaikan untuk harga sewa properti komersial belum akan terjadi pada 2021. Berdasarkan laporan dari Leads Property kuartal III-2020, tingkat okupansi properti komersil masih akan tertekan hingga akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021.
 
"Kami memperkirakan sektor properti masih tertekan hingga tahun depan. Sektor pariwisata yang kini sangat mengandalkan pasar domestik belum dapat mendorong permintaan untuk segmen properti hotel dan serviced apartment," tulis laporan Office of Chief Economist Bank Mandiri, Rabu, 11 November 2020.
 
Selain itu, dilaporkan bahwa ada peningkatan angka setengah pengangguran pada Agustus 2020 menjadi 10,2 persen menjadi salah satu indikasi awal mengenai lanskap pekerjaan berubah dan tidak begitu dependen dengan ruang perkantoran.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif