Pembangunan Rusunawa dilakukan melalui sinergi dengan Pemerintah Daerah. (Foto: Dok: Kementerian PUPR)
Pembangunan Rusunawa dilakukan melalui sinergi dengan Pemerintah Daerah. (Foto: Dok: Kementerian PUPR)

Lima Rusunawa dan 50 Rusus di Jateng Resmi Beroperasi

Properti program sejuta rumah
Rizkie Fauzian • 18 Maret 2019 16:06
Jakarta: Sebagai solusi hunian layak di tengah mahalnya harga tanah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di kawasan perkotaan. Pembangunan Rusunawa dilakukan melalui sinergi dengan Pemerintah Daerah.
 
Salah satunya dengan Pemerintah Kota Magelang sebagai penyedia lahan sementara konstruksi dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyediaan Perumahan.
 
"Program pembangunan Rusun tetap dilanjutkan bagi MBR (masyarakat berpenghasilan rendah), ASN (aparatur sipil negara) yang bertugas di perbatasan, mahasiswa, dan santri,” kata Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, dalam keterangan tertulis, Senin, 18 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rusunawa yang diresmikan yakni Rusun MBR di Kelurahan Wates, Kota Magelang, Rusun MBR di Kelurahan Tamanagung, Rusun Mahasiswa STTP Tegalrejo dan Rusun Ponpes API Tegalrejo yang ketiganya berada di Kabupaten Magelang serta Rusun MBR Manggong di Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung.
 
Rusun yang dibangun di wilayah tersebut memiliki jumlah antara 42 hingga 58 unit dengan tipe rata-rata 36 untuk rusun bagi masyarakat kurang mampu. Sedangkan rusun bagi mahasiswa dibangun sebanyak 37 unit dengan tipe 24.
 
Rusun bagi mahasiswa tersebut mampu menampung hingga 144 mahasiswa, sementara rusun santri sebanyak 12 unit kamar tipe barak yang dapat dihuni 216 santri. Biaya pembangunannya sekitar Rp7 hingga Rp11 miliar.
 
Fasilitas rusun yang dibangun berupa meubelair, air, listrik, jalan lingkungan dan penerangan jalan. "Dengan fasilitas yang kami siapkan membuat penghuni rusun cukup nyaman. Rusun yang sudah diresmikan segera dihuni," kata Khalawi.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif