NEWSTICKER
Realisasi penyaluran dana KPR FLPP mencapai Rp2,909 triliun. Foto: Shutterstock
Realisasi penyaluran dana KPR FLPP mencapai Rp2,909 triliun. Foto: Shutterstock

SMF Salurkan KPR FLPP Rp2,909 Triliun

Properti sarana multigriya finansial kpr Penyediaan Rumah
Rizkie Fauzian • 20 Maret 2020 11:39
Jakarta: PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) mencatat realisasi penyaluran dana KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan perumahan (FLPP) mencapai Rp2,909 triliun. SMF bersama BLU PPDPP telah menyaluran kepada 88.911 melalui 12 bank penyalur KPR FLPP.
 
Menurut Direktur utama SMF Ananta Wiyogo, hal tersebut memberikan dampak positif yakni semakin banyak Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang memperoleh fasilitas KPR FLPP.
 
"Di samping itu juga adanya penyerapan tenaga kerja dari pembangunan rumah yang berujung pada terciptanya multiplier effect," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 20 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara kumulatif total akumulasi dana yang telah dialirkan SMF ke sektor pembiayaan perumahan dari 2005 sampai dengan 31 Desember 2019 mencapai Rp62,05 triliun. Pencapaian tersebut berdasarkan penambahan pada data laporan keuangan audited periode 31 Desember 2019.
 
Total aliran dana yang disalurkan selama periode tersebut yaitu dalam bentuk kegiatan sekuritisasi sebesar Rp2 triliun, penyaluran pinjaman sebesar Rp12,45 triliun, dan pembelian KPR sebesar Rp116 miliar.
 
"Dari seluruh dana yang telah dialirkan, SMF telah membiayai kurang lebih 975.837 ribu debitur KPR, termasuk KPR FLPP. Terbagi atas 84,25 persen di wilayah barat, 15,07 persen di wilayah tengah dan sisanya sebesar 0,68 persen wilayah timur," jelasnya.
 
Selain pembiayaan perumahan, SMF juga memiliki penugasan lainnya yakni Program KPR SMF Paska Bencana, Program Penurunan Beban Fiskal dan Program Pembiayan Homestay di Destinasi Pariwisata Prioritas.
 
Untuk pembiayaan homestay, SMF bekerja sama dengan BUMDes sebagai lembaga penyalur dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Sepanjang 2019, SMF telah membiayai Homestay di di Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Selanjutnya untuk pengembangan rumah di derah kumuh, SMF telah merenovasi/membangunan 14 rumah di Kelurahan Purwokinanti, Daerah Istimewa Yogyakara. Pada 2019 di Semarang dua kelurahan yang terdiri dari 40 rumah, Pontianak (satu kelurahan, 23 rumah), Bukittinggi (dua kelurahan, 13 rumah), dan Makassar (satu kelurahan 14 rumah).
 
Kemudian KPR Pasca Bencana, SMF telah merealisasikan penyaluran KPR iB Pasca Bencana di Lombok Nusa Tenggara Barat, yang menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 2019.
 
Dalam rangka mendukung peningkatan penyaluran KPR Pasca Bencana, rencananya di 2020 ini SMF akan melakukan perluasan kriteria dan segmen penyaluran KPR iB Pasca Bencana.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif