Notre Dame mulai dibangun pada 1897 dan diresmikan pada 1902. (Foto: AFP/Zakaria Abdelkafi)
Notre Dame mulai dibangun pada 1897 dan diresmikan pada 1902. (Foto: AFP/Zakaria Abdelkafi)

Sejarah Pembangunan Katedral Notre Dame

Properti Arsitektur Unik Kebakaran Notre Dame
Rizkie Fauzian • 16 April 2019 15:24
Paris: Katedral Notre Dame bukan hanya menjadi ikon kota Paris. Ia juga beken sebagai bangunan bersejarah yang menjadi destinasi wisata terkenal di seluruh dunia.
 
Bahkan, beberapa dongeng banyak yang mengambil latar katedral Notre Dame. Misalnya, novel karya Victor Hugo berjudul The Hunchback of Notre Dame (Si Bongkok dari Notre Dame) yang kemudian diangkat ke dalam film animasi musikal oleh Walt Disney Pictures.
 
Ada juga Notre-Dame de Paris (Bunda Kita di Paris) yang jadi latar lukisan Le Sacre de Napoléon (Pelantikan Napoleon) karya Jacques-Louis David. Lukisan yang menggambarkan pelantikan Napoleon I sebagai Kaisar Prancis itu panjangnya hampir 10 meter, dengan tinggi lebih dari 6 meter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


'Lahir' dari Puing
 
Keberadaan Embarcadère de l'Ouest, julukan stasiun kereta, pada 1840 menarik banyak pekerja urban bermukim di kawasan tersebut. Para pekerja tersebut awalnya beribadah di gereja paroki desa Plaisance.
 
Lantaran jumlah jemaat yang semakin banyak, membuat pihak gereja memperluas bangunan. Notre Dame de l'Assomption de Plaisance dibangun pada 1845 untuk mengakomodasi membeludaknya jemaat. Gereja tersebut kemudian berganti nama menjadi Notre Dame de Plaisance pada 1860, bertepatan dengan momen desa Plaisance diintegrasikan ke Paris.
 
Baca juga: Katedral Notre Dame: Ikon Historis dan 'Jiwa' Prancis
 
Bangunan tersebut kembali diperluas pada 1865. Pembangunan Champ de Mars pada paruh kedua abad ke-19 menarik lebih banyak warga tinggal di sekitarnya. Tahun 1884, pastor setempat mengumpulkan dana untuk kembali memperluas katedral.
 
Dikutip Travel France Online, Notre Dame du Travail mulai dibangun pada 1897 dan diresmikan pada 1902. Sementara, Notre Dame de Plaisance dihancurkan pada 1909. Puingnya lalu digunakan untuk pembangunan Notre Dame du Travail.
 
Baca juga: Menelusuri Arsitektur Notre Dame, Katedral yang Terbakar di Paris
 
Banyak besi yang digunakan untuk interior katedral. Termasuk jam utama katedral pada masa Napoleon III tahun 1854. Jam itu diberikan kepada penduduk Notre Dame du Plaisance dan dipindahkan ke Notre Dame du Travail, setelah katedral selesai dibangun.
 
Katedral Notre Dame yang berlokasi di Île de la Cité, sebuah pulau kecil di tengah sungai Seine, juga menjadi tujuan wisata wajib di Paris. Hingga kini, katedral dari abad 18 itu masih digunakan untuk misa Uskup Agung Prancis.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif