Notre Dame salah satu katedral yang terbaik bergaya arsitektur gothic di Prancis.    (Foto: AFP/Zakaria Abdelkafi)
Notre Dame salah satu katedral yang terbaik bergaya arsitektur gothic di Prancis. (Foto: AFP/Zakaria Abdelkafi)

Menelusuri Arsitektur Notre Dame, Katedral yang Terbakar di Paris

Properti Arsitektur Unik Kebakaran Notre Dame
Rizkie Fauzian • 16 April 2019 13:39
Paris: Kebakaran yang terjadi di katedral Notre Dame meninggalkan kesedihan bagi warga Prancis. Katedral Notre Dame bukan hanya ikon kota Paris, tetapi juga salah satu situs warisan dunia UNESCO.
 
Kebakaran menyebabkan spire atau puncak menara setinggi 93 meter runtuh, padahal spire tersebut merupakan ikon dari Notre Dame. Meski demikian, beberapa struktur bangunan bisa diselamatkan.
 
Baca juga: Api Melalap Katedral Notre Dame di Paris

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Notre Dame atau Notre Dame du Travail merupakan salah satu katedral yang dianggap sebagai contoh terbaik gaya arsitektur gothic di Prancis.
 
Bangunan yang dirancang arsitek Jules Astruc ini memiliki fasad bergaya neo-romawi dengan dua menara berbentuk segi delapan. Pintu gerbangnya dihiasi dengan timpanium yang melambangkan hari penghakiman terakhir.
 
Menelusuri Arsitektur Notre Dame, Katedral yang Terbakar di Paris
(Foto: AFP/Zakaria Abdelkafi)
 
Pilar dibuat sangat tinggi menanahan kubah berwarna abu gelap khas arsitektur Gothic. Di dalam katedral terdapat juga patung pahlawan wanita Prancis, Joan of Arc.
 
Untuk menikmati pemandangan sekitar, terdapat tangga spiral yang memiliki 387 anak tangga menuju puncak menara. Di puncak terdapat bel yang sangat populer, yang dibawa dari Svastopol, Rusia, selama Perang Krimea pada 1855. Selain itu ada juga patung Gargoyle.
 
Karakteristik desain bangunan bergaya gotik lainnya yang ada adalah rose window, hiasan untuk memperindah bangunan sekaligus digunakan untuk memasukan cahaya. Ada juga rib vaulting, berupa atap bangunan yang berbentuk menyerupai membran.
 
Baca juga: Katedral Notre Dame: Ikon Historis dan 'Jiwa' Prancis
 
Terdapat jendela kaca patri berwarna-warni dengan pola geometris memancarkan cahaya yang dipantulkan oleh balok dan kolom logam. Beberapa menggambarkan adegan dari kehidupan Sainte Geneviève, santo pelindung Paris.
 
Bangunan katedral ini perpaduan unik antara kontemporer dan kuno yang juga menggabungkan campuran evolusi seni dari Art Nouveau awal abad ke-20.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif