Investasi properti kawasan Asia Pasifik turun selama pandemi korona. Foto: Shutterstock
Investasi properti kawasan Asia Pasifik turun selama pandemi korona. Foto: Shutterstock

Investasi Properti Asia Pasifik Turun 26%

Properti investasi properti ritel perkantoran bisnis properti
Rizkie Fauzian • 12 Mei 2020 12:59
Jakarta: Investasi real estate komersial di Asia Pasifik cenderung melemah selama kuartal I-2020 di tengah pandemi korona. Penurunannya mencapai 26 persen dibanding tahun lalu.
 
Menurut data terbaru dari laporan JLL Global Capital Flows, volume transaksi real estate Asia Pasifik turun menjadi USD34 miliar di kuartal pertama.
 
Negara seperti Tiongkok, Hong Kong, dan Singapura adalah pasar yang paling terpengaruh di Asia Pasifik, dengan aktivitas investasi menurun setidaknya 60 persen dibanding tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dampak paling kecil dirasakan oleh Korea Selatan dan Jepang, dengan kegiatan investasi tidak banyak berubah atau sedikit lebih tinggi dibanding tahun lalu.
 
CEO Capital Markets JLL Asia Pasifik Stuart Crow mengatakan penurunan volume transaksi Asia Pasifik di kuartal I sudah diperkirakan. Terutama melihat dampak dari situasi saat ini.
 
Banyak investor telah menghentikan aktivitas karena kondisi ekonomi yang tidak menentu dan banyak kesepakatan bisnis yang terpengaruh.
 
"Kami melihat penurunan aktivitas ini berlanjut ke kuartal II, dengan volume perdagangan yang cenderung bangkit kembali dan menguat di paruh kedua tahun ini. Ada banyak investor bermodal besar menunggu peluang, dan kami pikir dislokasi di pasar akan menciptakan banyak kesepakatan pada sebagian besar sektor,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Dampak keseluruhan dari wabah covid-19 pada pasar investasi diharapkan akan mulai terlihat lebih jelas pada kuartal kedua saat para investor fokus pada portofolio yang ada dan menggunakan waktu mereka untuk menunggu peluang yang tepat.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif