Permintaan apartemen meningkat terutama dari kalangan keluarga muda. (Foto:Shutterstock)
Permintaan apartemen meningkat terutama dari kalangan keluarga muda. (Foto:Shutterstock)

Apartemen Mungil Jadi Incaran Keluarga Muda

Properti apartemen
Media Indonesia • 21 Mei 2019 15:16
Jakarta: Industri properti di Indonesia masih menunjukkan pertumbuhan positif. Hal tersebut terlihat dari permintaan hunian berupa apartemen, terutama dari kalangan keluarga muda dan pekerja profesional.
 
"Tingkat pertumbuhan segmen tersebut terbilang besar. Permintaan dari pasar end-user ini kebanyakan menyasar pada produk-produk yang berkualitas sekaligus terjangkau," ujar Kepala Departemen Research Savills Indonesia Anton Sitorus, di Tangerang.
 
Anton menambahkan bahwa sesuai dengan kemampuan daya beli dari kelompok keluarga muda dan kalangan pekerja profesional tersebut, terlihat peningkatan tren unit apartemen yang berukuran lebih efisien dan compact sehingga harganya lebih rendah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan kondisi pasar apartemen di Jakarta yang cenderung stagnan dalam tiga, empat tahun terakhir, sejumlah proyek kelas menengah dan menengah ke bawah di lokasi strategis menawarkan unit lebih kecil menunjukkan performa yang baik," katanya.
 
Kemudian, proyek kelas menengah dan menengah ke atas yang diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir juga dirancang dengan ukuran unit lebih kecil jika dibandingkan periode 2010-2014. Hal itu membuktikan terjadi peralihan permintaan pasar.
 
President Director PT Brewin Mesa Sutera, Bill Cheng, mengimbuhkan pihaknya memproyeksikan pasar properti akan jauh membaik setelah Idulfitri atau pada penghujung 2019. Pembeli dan investor dapat mengharapkan ekonomi yang lebih stabil untuk lima tahun ke depan.
 
"Melihat harga yang cenderung tidak berubah dalam empat tahun terakhir, saat ini merupakan waktu yang optimal bagi investor dan pembeli untuk memasuki pasar properti dan memanfaatkan kenaikan yang terjadi di pasar properti," ujar Bill Cheng.
 
Karena itu, pengembang asal Singapura yang berfokus pada apartemen high-end, memperkenalkan rancangan compact luxury unit pada The Lana, proyek perdananya di Indonesia. Menurut Bill, unit tersebut dilengkapi dengan material dan peralatan berkualitas tinggi yang diperuntukkan bagi segmen pasar milenial kelas premium.
 
Kisaran harga yang ditawarkan antara Rp1 miliar hingga Rp5 miliar, bergantung ukuran unit yang dibeli. Ke depan, jaringan transportasi ke Alam Sutera semakin lengkap dengan penyelesaian tol JORR 2 antara Kunciran dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. LRT juga akan terhubung langsung ke Alam Sutera sehingga The Lana menjadi bagian dari kawasan TOD.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif