Kegiatan pembangunan rumah bersubsidi di Mrangen, Demak, Jawa Tengah. Antara Foto/Aji Setyawan
Kegiatan pembangunan rumah bersubsidi di Mrangen, Demak, Jawa Tengah. Antara Foto/Aji Setyawan

Target Realistis Program Satu Juta Rumah 2019

Properti program sejuta rumah hunian dp 0%
Rizkie Fauzian • 16 Januari 2019 10:11
Jakarta: Terlampauinya target membangun satu juta unit rumah murah pada 2018, bukan pekerjaan mudah. Berkaca dari pengalaman itu, target yang pemerintah untuk 2019 naik tipis dari 1,1 juta yang terealisasi tahun lalu.
 
"Tahun ini targetnya sebesar 1,25 juta unit dengan konsep pencapaiannya tetap sama seperti tahun," kata Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid kepada Medcom.id.
 
Komposisi dari target tersebut terdiri dari 635.361 unit rumah tapak. Sisanya adalah unit rumah susun baik untuk masyarakat umum, santri, PNS/ASN dan TNI/Polri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Plt Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo bersama-sama menekan tombol sirine tanda peresmian pembangunan 2 unit rumah susun mahasiswa, 1 rumah susun sewa dan jembatan lingkar Ngujang II di halaman kampus STKIP Tulungagung (4/1/2019). Selama kurun 2018 pemerintah telah membangun 300 rusun yang 45 di antaranya berada di Jawa Timur, terbanyak dibanding daerah-daerah lain. Antara Foto/ Destyan Sujarwoko
 
Dana yang dianggarkan adalah Rp 17,6 triliun. Porsi pemerintah sekitar 20 persen di antaranya yang dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.
 
"Pemerintah melalui APBN hanya 20 persen, subsisi melalui FLPP, SSB, dan SBUM sebesar 30 persen, kontribusi swasta dan swadaya 50 persen. Kalau dari pemerintah pembangunan langsung dengan APBN seperti rusunawa, rumah khusus dan stimulan Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU)," papar Khalawi.
 
Sejak diluncurkan pada 2015, realisasi program Sejuta Rumah belum pernah mencapai target. Tahun pertama realisasi pembangunan rumah mencapai sekitar 700 ribu unit, pada 2016 mencapai 800 unit, pada 2017 mencapai 900 unit.
 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi