Ketua Umum Himperra Endang Kawidjaja usai pelantikan jajaran baru pengurus Himperra
Ketua Umum Himperra Endang Kawidjaja usai pelantikan jajaran baru pengurus Himperra

Rusun Rp 250 juta, Apakah Mungkin?

Properti program sejuta rumah hunian dp 0%
Rizkie Fauzian • 18 Januari 2019 13:16
Jakarta: Sejauh ini masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di perkotaan bisa dikatakan masih 'terabaikan' dalam pengadaan hunian layak dan terjangkau. Pendapatan yang rendah, membuat mereka tidak mampu menjangkau program Sejuta Rumah atau DP 0 Rupiah.
 
Bukan hanya skema KPR khusus yang dibutuhkan, tetapi juga hunian yang harganya memang benar-benar terjangkau. Inilah yang Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) niatkan untuk menghadirkan rumah susun khusus bagi MBR.
 
"Harganya sekitar Rp 250 juta/unit," kata Ketua Umum Himperra Endang Kawidjaja usai pelantikan jajaran baru pengurus Himperra di The Sultan Hotel, Kamis (17/1/2019).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Demi mendapatkan harga jual di kisaran tersebut, tentu ada yang harus 'dikompromikan'. Agar mendapatkan lahan dengan harga pas, pasti lokasinya tidak di tengah perkotaan. Namun juga tidak terlalu jauh dari pusat kegiatan ekonomi.
 
Tajur Halang, Kabupaten Bogor dan Pamulang, Tangerang Selatan, adalah dua calon lokasinya. "Karena harga lahan di wilayah-wilayah tersebut masih terjangkau, antara Rp 1,5- Rp 2 juta per meter," jelasnya.
 
Fisik bangunan juga berbeda dari rusunami dan rusunawa yang ada. Demi menekan biaya perawatan, maka desain bangunannya lebih sederhana dan hanya terdiri empat lantai sehingga tidak memerlukan lift.
 
Gantinya adalah tangga di setiap sisi bangunan yang konsepnya seperti rumah toko tersebut. Tidak ada koridor atau lorong yang membelah tengah gedung.
 
Biaya perawatan juga ditekan dengan meniadakan septictank dan toren (bak penampung air bersih). Penghuni didorong mengadakan dua fasilitas penting itu secara swadaya, demikian juga dengan urusan perawatannya.
 
"Rencananya kita bangun delapan tower yang masing-masing 16 unit. Luas unitnya 32 dan 36 meter persegiKami masih lobi pemerintah, agar melonggarkan simplifikasi desain teknik mekaniknya sehingga harganya nanti lebih murah," papar Endang.
 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif