Pemerintah melakukan perbaikan rumah tak layak huni. Ilustrasi: MI
Pemerintah melakukan perbaikan rumah tak layak huni. Ilustrasi: MI

Pemerintah Gelontorkan Rp4,82 Miliar untuk Perbaiki 2.140 Rumah di Kalsel

Properti bedah rumah program sejuta rumah Kementerian PUPR
Rizkie Fauzian • 08 Maret 2021 18:56
Kalimantan: Pemerintah menggelontorkan bantuan untuk program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah sebesar Rp4,82 miliar.
 
Bantuan tersebut diberikan untuk memperbaiki kualitas 2.140 rumah tidak layak huni di Kalimantan Selatan. Bantuan disalurkan melalui Bank Mandiri.
 
"Jumlah dana yang akan disalurkan Bank Mandiri senilai Rp42,8 miliar," ujar Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan Erpika Ansela Surira dalam keterangan tertulis, Senin, 8 Maret 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rencananya dana akan disalurkan kepada masyarakat melalui peningkatan kualitas atau perbaikan rumah meliputi atap, lantai, dan dinding.
 
Bank Mandiri nanti akan berperan sebagai penyalur dana dari Kementerian PUPR ke penerima bantuan.
 
Namun demikian ada syarat bahwa dana bantuan tersebut akan cair setelah ada verifikasi dari koordinator fasilitator di desa termasuk juga bukti pengiriman barang atau material bangunan dari toko bangunan yang ditunjuk.
 
"Setiap penerima bantuan akan mendapatkan dana Rp20 juta yang akan digunakan untuk pembelian material bangunan  dan upah tukang," jelasnya.
 
Program BSPS adalah program peningkatan kualitas rumah yang tidak layak huni dan bukan merupakan pembangunan rumah baru. 
 
Program dari Kementerian PUPR ini ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan dana bantuan maksimal senilai Rp 20 juta dengan rincian Rp17,5 Juta per unit rumah berupa material yang diberikan ke penerima bantuan dan upah tukang dengan nilai Rp2,5 juta.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif