Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) erbahan perunggu ini merupakan karya pematung Nyoman Nuarta. AFP Photo/Sonny Tumbaleka
Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) erbahan perunggu ini merupakan karya pematung Nyoman Nuarta. AFP Photo/Sonny Tumbaleka

Patung GWK Tertinggi ke Berapa di Dunia?

Properti bali Wisata Bali
Rizkie Fauzian • 06 Desember 2018 08:08
Jakarta: Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan yang tertinggi di Indonesia. Tinggi total yang mencapai 121 meter, juga merupakan salah satu tertinggi di atas planet bumi.
 
Masalahnya ada yang menyebut sebagai tertinggi ke tiga. Namun ada juga yang menyebut patung di Jimbaran, Bali, setinggi itu duduk di ranking 15 dunia. Bagaimana posisi sebenarnya?
 
Berada di posisi tertinggi ada patung Sadar Vallabhbhai Patel dengan tinggi 182 meter di India. Selanjutnya ada patung The Spring Temple Buddha yang memiliki tinggi 153 meter di Tiongkok. Lalu disusul oleh GWK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika dihitung dari dasar, maka ketiganya berada di urutan teratas sebagai patung tertinggi di dunia. Sedangkan bila perhitungannya dari tinggi patung saja tanpa penyangga, maka GWK berada di posisi ke 15 di dunia.
 
Patung Sadar Vallabhbhai Patel tetap berada di urutan pertama dengan total ketinggian dari dasar patung mencapai 230 meter. Sementara tinggi patungnya saja mencapai 182 meter.
 
Spring Temple Buddha yang berada di Tiongkok memiliki tinggi 128 meter. Namun jika dihitung dari dasar patung maka total ketinggiannya mencapai 153 meter.
 
Patung yang berada di Myanmar, Laykyun Setkyar memiliki ketinggian 115 meter. Bila dihitung dari dasarnya, maka total tingginya mencapai 129 meter.
 
Murujuk data wikipedia Ushiku Daibutsu, patung yang berada di Jepang berada di urutan empat dengan ketinggian patung mencapai 100 meter. Jika dihitung dari dasar, maka ketinggiannya mencapai 120 meter.
 
Patung Sendai Daikannon pernah dinobatkan menjadi yang tertinggi pada 1991 hingga 1993. Patung yang berada di Jepang tersebut memiliki ketinggian 100 meter.
 

 


 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif