Perbedaan apartemen, kondominium dan rusun. Foto: Shutterstock
Perbedaan apartemen, kondominium dan rusun. Foto: Shutterstock

Simak! Ini Perbedaan Apartemen, Kondominium dan Rusun

Medcom • 01 Juli 2022 16:21
Jakarta: Ada banyak jenis hunian yang bisa digunakan sebagai tempat tinggal. Seiring dengan berjalannya waktu, lahan untuk membangun tempat tinggal semakin menipis sehingga muncul alternatif hunian lain.
 
Tempat tinggal tak hanya dibangun langsung dari tanah, tapi juga dibuat bertingkat menjadi beberapa hunian. Jenis tempat tinggal ini banyak dibangun di wilayah yang memiliki kesulitan lahan.
 
Khusus untuk bangunan bertingkat, ada beberapa jenis yang populer di Indonesia. Misalnya rumah susun (rusun), apartemen, dan kondominium. Meski sama-sama hunian bertingkat, tetapi ada beberapa perbedaan.

Berikut ini beberapa perbedaan dari ketiga jenis hunian bertingkat yang telah dirangkum.

1. Apartemen 

Simak! Ini Perbedaan Apartemen, Kondominium dan Rusun
Ilustrasi apartemen. Foto: Shutterstock

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apartemen merupakan hunian yang pertama kali dikenalkan Amerika Serikat. Apartemen berarti hunian yang berada di sebuah gedung atau bangunan. 
 
Satu gedung biasanya terdiri dari puluhan hingga ratusan tempat tinggal atau unit yang disewakan. Banyak istilah yang digunakan untuk menyebut hunian bertingkat.
 
Baca juga: 3 Lokasi Apartemen di Jakarta yang Paling Diincar Masyarakat

Beberapa negara menyebut istilah hunian bertingkat dengan apartemen, flat, kondominium, dan strata tittle. Namun merujuk pada hunian bertingkat.
 
Apartemen juga memiliki beberapa tipe. Umumnya, apartemen yang disewakan dibagi menjadi tipe studio, one bedroom, two bedroom dan condominium.
 
Selain itu, apartemen biasanya dilengkapi dengan beragam fasilitas lengkap untuk penghuninya sehingga tak perlu jauh-jauh dari tempat tinggal.

2. Kondominium

Simak! Ini Perbedaan Apartemen, Kondominium dan Rusun
Ilustrasi kondominium. Foto: Shutterstock
 
Berbeda dari apartemen yang merupakan serapan dari bahasa Inggris, kondominium justru berasal dari Italia. Istilah tersebut dikenal dalam sistem hukum di Italia.
 
Kondominium terdiri dari kata con yang berarti bersama-sama dan kata dominium yang berarti pemilikan satu sehingga kondominium berarti pemilikan bersama.
 
Baca juga: Insentif Properti Topang Bisnis Kondominium di Jakarta

Istilah kondominium biasanya berkaitan dengan status kepemilikan. Kondominium juga biasanya memiliki harga yang lebih mahal dari jenis hunian bertingkat lainnya.

3. Rusun

Simak! Ini Perbedaan Apartemen, Kondominium dan Rusun
Rusun mahasiswa yang dibangun pemerintah. Foto: Kementerian PUPR
 
Berbeda dengan jenis hunian bertingkat lainnya, istilah rusun justru disebutkan dalam perundang-undangan. Dalam Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun.
 
Rusun merupakan tipe hunian tingkat yang paling murah dibandingkan apartemen dan kondominium. Karena rusun biasanya hanya dilengkapi dengan fasilitas umum dan juga prasarana dasar. 
 
Baca juga: Rusun ASN Kota Tual di Maluku Dibangun dengan Anggaran Rp24,8 Miliar

Rusun diperuntukkan untuk masyarakat menengah ke bawah karena harganya yang lebih terjangkau.
 
Rusun merupakan hunian yang ditawarkan pemerintah untuk golongan masyarakat yang memiliki penghasilan rendah. Tak hanya itu, pemerintah juga menyediakan rusun untuk PNS, Polri/TNI. (Rizki Naziah)
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif