Manfaat dari sistem kerja hibrid adalah keseimbangan kehidupan dan kerja. Foto: Shutterstock
Manfaat dari sistem kerja hibrid adalah keseimbangan kehidupan dan kerja. Foto: Shutterstock

Manfaat Hybrid Working, Kesehatan Mental hingga Hemat Energi

Rizkie Fauzian • 04 Februari 2022 12:59
Jakarta: Pandemi covid-19 belum juga usai hingga saat ini. Hal tersebut membuat beberapa perusahaan mengeluarkan kebijakan atau menerapkan sistem hybrid working atau kerja hibrid untuk karyawannya.
 
Hybrid Working yang merupakan kombinasi dari bekerja di kantor dengan bekerja dari mana saja. Munculnya sistem kerja tersebut adalah dampak dari pandemi kepada sektor properti, khususnya pada aspek operasional.
 
Head of Facilities Management Colliers Indonesia Christina Ng menyatakan bahwa perusahaan kembali menerapkan sistem work from home (WFH), tetapi juga memberikan pilihan kepada karyawan untuk work from office (WFO) atas dasar kesukarelaan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini, perusahan mulai menerapkan sistem return to office (RTO), sehingga terdapat kewajiban bagi para pekerja untuk kembali bekerja dari kantor, namun dengan memberlakukan aturan-aturan tertentu," jelasnya dalam laporan, Jumat, 4 Februari 2022.
 
Oleh karena itu, menurutnya konsep hybrid working mulai diberlakukan secara luas oleh berbagai perusahaan. Manfaat dari sistem kerja hibrid adalah keseimbangan kehidupan dan kerja, engagement karyawan, dan kesehatan mental.
 
"Dampak terhadap perusahaan dengan diterapkannya sistem hybrid, kebutuhan akan ruang kantor akan berkurang, yang juga akan mempengaruhi konsumsi energi dan biaya lainnya," jelasnya.
 
Efisiensi dari hal tersebut dapat dialokasikan untuk hal-hal yang lebih berkualitas untuk meningkatkan kinerja para karyawan. 
 
Sementara itu, dampak terhadap gedung terletak pada kebutuhan dan penggunaan utilitas bangunan, yang seharusnya menyesuaikan dengan peningkatan dan penurunan beban hunian agar dapat mencapai efisiensi operasional. 
 
"Pengurangan kebutuhan ruang kantor akan mempengaruhi konsumsi energi pada gedung, dan beberapa kendala kemungkinan yang sering dialami dalam penggunaan Heating Ventilation and Air Conditioner (HVAC) system," ujarnya.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif