Ilustrasi rumah tahan gempa. (FOTO: dok Kementerian PUPR)
Ilustrasi rumah tahan gempa. (FOTO: dok Kementerian PUPR)

Konstruksi Laba-laba bagi Rumah Tahan Gempa

Properti konstruksi
Media Indonesia • 20 Agustus 2019 18:33
Jakarta: Kondisi geografis Indonesia yang dilewati sesar aktif membuat sejumlah daerah rawan terhadap gempa. Karenanya, konstruksi sarang laba-laba diperkenalkan sebagai konstruksi tahan gempa.
 
"Konstruksi itu sudah teruji tahan gempa, baik di Aceh, Padang, Lombok, maupun Palu," ujar Wakil Direktur Utama PT Katama Charmeida Tjokrosuwarno di Jakarta, pekan lalu.
 
Menurutnya, konstruksi sarang laba-laba jugasudah digunakan di wilayah Banten yakni untuk membangun kampus baru di Sindangsari, Kabupaten Serang serta pusat pemerintahan Kota Tangerang Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memanfaatkan bangunan tahan gempa tidak hanya melindungi aset dari kerusakan, tapi juga melindungi manusia yang menghuni di dalamnya," ungkap Charmeida.
 
Charmeida juga mengungkapkan konstruksi sarang laba-laba juga sudah dikembangkan untuk jalan dan bandar udara. "Kami bekerja sama dengan PT Waskita Beton Precast untuk penyediaan beton pracetak agar saat membangun jalan pelaksanaannya dapat cepat," ujarnya.
 
Konstruksi sarang laba-laba diperkenalkan dalam ajang temu ilmiah Broad Exposure To Science and Technology (Best) 2019 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang dihadiri perguruan tinggi dalam dan luar negeri.
 

 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif