Ciputra dikenal sebagai sosok yang sangat dihormati di dunia real estate. Foto: dok. MI
Ciputra dikenal sebagai sosok yang sangat dihormati di dunia real estate. Foto: dok. MI

Ciputra Dihormati Pengembang Properti Mancanegara

Properti Ciputra Tutup Usia
Ilham wibowo • 27 November 2019 12:05
Jakarta: Mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan kehilangan tokoh visioner atas wafatnya Ir. Ciputra. Pendiri Grup Ciputra itu dikenal sosok yang sangat dihormati di dunia real estate atau pengembang properti mancanegara.
 
"Visioner betul, tagline sang pelopor sangat wajar dipegang," kata Enggar kepada Medcom.id, Selasa, 27 November 2019.
 
Enggar mengenal Pak Ci, sapaan akrab Ciputra, lama sebelum menjadi ketua umum Real Estate Indonesia (REI) yang pertama periode 1972-1974. Asosiasi pengembang properti tersebut saat ini sudah memiliki lebih dari 1.200 anggota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beliau adalah pendiri dan ketua umum pertama REI, gagasan itu menyatukan para developer yang belum banyak dan berpusat di Jakarta. Beliau juga adalah Presiden REI sedunia yang disegani di dalam dan luar negeri dan sangat dihormati," kata Enggar yang juga pernah menjabat Ketum REI periode 1992-1995.
 
Motivasi dan kisah sukses selalu disampaikan Pak Ci untuk para penerusnya agar selalu memiliki integritas, profesionalisme, dan entrepreneurship. Pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu selalu mudah diminta berbagi pengalaman.
 
"Tanpa pemikiran itu tidak akan jadi, Taman Impian Jaya Ancol ada karena visi dan tangan dingin Pak Ci," ungkap Enggar.
 
Sosok Pak Ci, juga dikenal tokoh yang demokratis dengan memberikan keleluasaan berkembang bagi para penerusnya. Padahal, ia bisa menjabat Ketum REI hingga saat ini lantaran capaian beragam kesuksesannya di dunia properti.
 
"Beliau sangat demokratis memimpin asosiasi REI satu periode alasannya sederhana. Kenapa? 'Enggar kalau saya tidak tetapkan dari waktu itu (satu periode) sampai sekarang saya adalah Ketum', dan kami penerus tetap komitmen," ujar Enggar.
 
Ciputra meninggal dunia pada usia ke-88. Pendiri Ciputra Group itu menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 01.05 waktu Singapura, Rabu, 27 November. Sebelumnya, kabar meninggalnya Ciputra disampaikan oleh Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Rika Lestari.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif