Stadion Patriot Candrabaga, dari Porda ke Asian Games
Bekasi kini memiliki stadion yang tak kalah dengan stadion Piala Dunia 2018. medcom.id/Antonio
Bekasi: Salah satu venue sepak bola Asian Games 2018 adalah Stadion Patriot Candrabaga di Bekasi. Ada sembilan negara yang kesebelasannya akan bertanding di sini, termasuk Timnas Indonesia.

Stadion berusia 38 tahun ini dibangun sebagai veneu gelaran Pekan Olahraga Daerah (PORDA) Jawa Barat IV pada 1984. Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, tentu perlu banyak yang harus diperbaiki agar stadion ini memenuhi standart FIFA.


Mulai dari rumput lapangan, tiang gawang, sound system, tata lampu hingga scoring board semuanya diganti unit baru yang tak kalah kualitasnya dibandingan stadion Piala Dunia Rusia 2018. Tribun penonton juga mendapat perbaikan besar-besaran.



"Termasuk sistem drainase, kanopi lorong akses pemain dan ketinggian lapangan. Kementerian PUPR juga menambahkan fasilitas media center dan official area," papar Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora)  Kota Bekasi, Tedy Hafni, Rabu (1/8/2018).

Sebelum bernama Stadion Patriot Candrabaga, namanya adalah Stadion Bekasi. Stadion ini dibangun sekaligus dengan kompleks Gedung Olah Raga (GOR) dengan perkantoran, kolam renang dan lapangan futsal.

Pada 2012 dilakukan renovasi. Daya tampung Stadion Bekasi bertambah menjadi 31 ribu penonton. Setelah peresmianya pada 11 Maret 2014 namanya berubah menjadi Stadion Patriot Candrabaga.



"Candrabaga adalah sebutan untuk Bekasi pada masa kerajaan Tarumanegara, sehingga Stadion Patriot Candrabaga artinya Stadion Patriot Bekasi dan diharapkan akan mengangkat identitas Bekasi serta mengangkat derajat dan harkat masyarakat Bekasi," jelas Tedy.

Sejak itulah stadion di Jl Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat ini jadi home based Bhayangkara FC dan Persija Jakarta. Di sini pula digelar berbagai pertandingan tingkat nasional seperti Go-Jek Traveloka Liga 1.

"Perawatan terus kita lakukan agar stadion Bekasi tetap terpelihara," ujarnya.




 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id