Di dalam rancangannya Istana Buckingham diperluas dan didesain kembali untuk menampung 50 ribu orang. dezeen/OppositeOffice
Di dalam rancangannya Istana Buckingham diperluas dan didesain kembali untuk menampung 50 ribu orang. dezeen/OppositeOffice

Andai Istana Buckingham Jadi Kost-kostan

Properti kerajaan inggris
Rizkie Fauzian • 26 Januari 2019 11:13
London: Bagaimana jika Istana Buckingham yang adalah simbol Inggris dijadikan hunian murah meriah? Bertetangga langsung dengan Ratu Elizabeth II dan seluruh anggota keluarga Kerajaan Inggris?
 
Mungkin terdengar sebagai ide yang too good to be true. Malah mungkin sindiran bagi Kerajaan Inggris yang berlimpah ruah, sementara sebagian besar warga kesulitan tempat tinggal akibat tingginya harga properti di London dan sekitarnya.
 
Tapi tidak bagi Opposite Office. Firma arsitektur yang berbasis di Munich ini serius mengusulkan Istana Buckingham jadi hunian bagi warga Inggris yang hidupnya pas-pasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami masih menunggu keputusan Istana Buckingham," kata Bennedikt Hartl, pendiri Opposite Office, seperti dikutip dari Dezeen.
 
Di dalam rancangannya Istana Buckingham diperluas dan didesain kembali untuk menampung 50 ribu orang. Gedung untuk hunian bagi warga dibangun di atas dan belakang Istana Buckingham.
 
Andai Istana Buckingham Jadi Kost-kostan
dezeen/OppositeOffice
 
Terdiri 775 kamar yang berisi ranjang single atau double. Ada 79 kamar mandi yang digunakan bersama oleh para penghuni. Ruang makan dan ruang tamu juga merupakan fasilitas umum. Persis konsep rumah kost-kostan yang kita kenal di Indonesia.
 
Dinding antar kamar adalah sekat yang dapat dilipat. Ini agar luas kamar bisa disesuaikan kebutuhan penghuni. Terdapat delapan tangga dan lift menuju istana langsung agar anggota keluarga Kerajaan Inggris bisa bergaul dengan penghuni kost-kostan.
 
"Mengapa tidak menggunakan Buckingham untuk melawan krisis perumahan kita? Proyek ini menjawab masalah perumahan yang terjangkau dan meningkatkan peran sosial kerajaan," jelasnya.
 
Bukan hanya Opposite Office yang punya ide terhadap krisis hunian terjangkau di London. Banyak perusahaan arsitektur lain sumbang saran seperti membangun blok perumahan di atas rel kereta api hingga merancang rumah modular.
 

 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif