Masjid Putra, Putrajaya, Malaysia punya warna unik. (Foto: Shutterstock)
Masjid Putra, Putrajaya, Malaysia punya warna unik. (Foto: Shutterstock)

Uniknya Desain Masjid Merah Muda, Tempat Jokowi Salat Jumat di Malaysia

Properti Arsitektur Unik
Rizkie Fauzian • 09 Agustus 2019 17:37
Jakarta: Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungan bilateral ke ke Kuala Lumpur, Malaysia, menyempatkan salat Jumat di masjid Putra, Putrajaya, Malaysia.
 
Masjid tersebut memiliki desain menarik. Warnanya merah muda. Lokasinya menjorok ke arah danau Putrajaya sehingga terlihat seperti bangunan masjid terapung. Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu bagian dari landmark Kota Putrajaya.
 
Masjid Putra dirancang oleh arsitek Nik Mohamed Mahmood pada 1997, dan selesai pada 1999. Nama masjid diambil dari nama Perdana Menteri (PM) Malaysia Pertama, Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masjid dengan tinggi 116 meter tersebut memiliki gaya yang mengadopsi arsitektur Persia zaman Kerajaan Safawi dan beberapa budaya Muslim lainnya.
 
Dibangun di atas lahan 1,37 hektare, Masjid Putra dilengkapi dengan plataran outdoor. Terdapat 12 tiang utama yang digunakan untuk menyangga bagian atap bangunan masjid.
 
Masjid ini memiliki kubah dan menara yang terpisah dari bangunan utama masjid. Bagian gerbang dilengkapi dengan hiasan berbentuk geometris serta seni kaligrafi.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif