Leadenhall di antara gedung-gedung pencakar langit London yang desain arsitekturnya unik dan ikonik. AFP Photo/Daniel Leal Olivas
Leadenhall di antara gedung-gedung pencakar langit London yang desain arsitekturnya unik dan ikonik. AFP Photo/Daniel Leal Olivas

Leadenhall, Parutan Keju dengan Lift Pintar

Properti inggris perkantoran london
Rizkie Fauzian • 14 November 2018 10:11
London: Terletak di Leadenhall 122, nama bangunan yang dinamakan sesuai dengan nama jalan tempatnya berada. Tetapi warga lebih mengenal gedung di pusat bisnis London tersebut dengan nama julukan Cheesegrater karena bentuknya yang menyerupai parutan keju.
 
Leadenhall Building memiliki tinggi 225 meter dan pernah menjadi yang tertinggi di distrik keuangan London, Inggris. Bangunan yang dibuka pada 2014 tersebut terdiri 48 lantai.
 
Richard Rogers yang menjadi arsiteknya punya alasan kuat merancang salah satu sisi gedung miring 10 derajat. "Agar tidak menghalangi pemandangan Katedral St. Paul dan Istana Westminster," ujarnya sebagaimana dikutip dari theleadenhallbuilding.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Leadenhall, Parutan Keju dengan Lift Pintar
AFP Photo/Tolga Akmen
 
Konstruksi bangunan 80 persennya adalah baja, total beratnya 18 ribu metrik ton. Dengan menggunakan metode konstruksi prebrikasi, baja-baja tinggal dirakit langsung di lokasi.
 
Bangunan yang berdiri di atas lahan 56 ribu meter persegi tersebut memiliki beberapa ciri khas. Fasad depan diselimuti dengan kaca. Bagian lainnya terlihat jelas kerangka baja mencolok berwarna kuning.
 
Lift Canggih
 
Leadenhall, Parutan Keju dengan Lift PintarBangunan tersebut juga dilengkapi dengan lift canggih dan konon tercepat di Eropa. Selain itu, pada bagian lift juga dibuat transparan sehingga setiap orang bisa melihat lift bergerak naik dan turun.
 
Lift tersebut memiliki kecepatan delapan meter per detik, artinya dengan waktu 30 detik para pengunjung bisa langsung naik ke lantai 45. Tak hanya cepat, kecanggihan lift lainnya adalah didesain untuk mengoptimalkan penggunaan lift saat jam padat.
 
Menggunakan sistem khusus yang dimiliki oleh KONE- perusahaan lift yang juga membangun lift di Jeddah Tower, maka para penghuni tidak perlu antre menunggu lift karena sistem dapat memproyeksikan arus naik dan turun.
 
Lift yang tersedia di bangunan tersebut memiliki delapan bilik yang dilengkapi dengan mesin canggih, sehingga meski lift bergerak cepat namun lajunya tetap lembut. Komponen mesin yang digunakan lift cepat ini juga tidak banyak seperti lift pada umumnya.
 
Tak hanya itu, warna pada kerangka lift juga dibedakan berdasarkan penggunaannya. Jika warna orange, artinya lift penumpang dan hijau dipergunakan untuk barang. Lift dibagi menjadi lantai dasar, tengah dan tinggi sehingga para penggunanya bisa lebih mudah memilih sesuai dengan tujuan.
 
Leadenhall juga dilengkapi ruang perkantoran, taman-taman sebagai ruang publik, dan unit ritel. Bangunan ini pernah mencapai rekor jual tertinggi di kota London. Pembelinya adalah investor Tiongkok dengan penjualan 1,15 poundsterling.
 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi