Bangunan The Odunpazari Modern Museum (OMM) didominasi kayu.  (Foto: Kengo Kuma and Associates)
Bangunan The Odunpazari Modern Museum (OMM) didominasi kayu. (Foto: Kengo Kuma and Associates)

OMM, Museum yang Didominasi Kayu

Properti museum
Anggi Tondi Martaon • 19 Maret 2019 18:42
Jakarta: Mayoritas struktur bangunan moderen menggunakan semen. Namun hal berbeda justru tampak The Odunpazari Modern Museum (OMM). Museum yang akan diresmikan pada Juni 2019 nanti justru didominasi kayu.
 
OMM didirikan oleh Erol Tabanca, pengusaha dan kolektor seni. Bangunan seluas 4.500 meter persegi akan diisi dengan karya seni moderen dan kontemporer dari 1950-an.
 
Rancangan bangunan didesain oleh Kengo Kuma. Tujuannya memilih kayu sebagai mayoritas struktur bangunan semata untuk menghormati sejarah kota sebagai pasar kayu yang berkembang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


OMM, Museum yang Didominasi Kayu
(Foto: Kengo Kuma and Associates)
 
"Kami ingin bangunan membawa sejarah dan memori kota, beresonansi baik pada skala manusia dan dengan pemandangan jalanan Odunpazari yang unik, yang melewatinya adalah pengalaman tersendiri. Kami sangat menantikan untuk melihat publik menikmati dan berinteraksi dengan gedung," kata Kengo Kuma saat dikutip dari designboom.com, Selasa, 19 Maret 2019.
 
Bangunan OMM terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama difungsikan sebagai ruangan pameran dan berukuran lebih luas. Desain lantai dasar juga selaras dengan irama dan skala lanskap kota sekitarnya.
 
Sementara lantai dua dibagi kedalam sekat-sekat ruangan. Di lantai dua, pengunjung museum dapat melihat karya seni skala kecil.
 
OMM, Museum yang Didominasi Kayu
(Foto: Kengo Kuma and Associates)
 
Setiap lantai dihubungkan dengan atrium skylit. Selain itu, OMM juga mengandalkan pencahayaan alami hingga bagian dalam gedung.
 
Pada pembukaan nanti, OMM akan menampilkan karya seniman lokal dan Tanabe Chikuunsai IV. Selain itu, pada pembukaan nanti juga diisi dengan kegiatan seminar, pembicaraan seniman, dan lokakarya.
 
"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa museum akan dibuka pada bulan Juni dan berharap untuk membuka pintu kami," kata Erol Tabanca, pendiri OMM.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif