Bangunan bersejarah di Ukraina yang hancur akibat serangan Rusia. Foto:  Korolkov Dmitry Yurievich via Wikimedia Commons
Bangunan bersejarah di Ukraina yang hancur akibat serangan Rusia. Foto: Korolkov Dmitry Yurievich via Wikimedia Commons

Palats Zaliznychnykiv, Bangunan Bersejarah di Ukraina yang Dihancurkan Rusia

Rizkie Fauzian • 23 Agustus 2022 20:34
Kharkiv: Palace of Culture for the Railway Workers atau Palats Zaliznychnykiv merupakan sebuah bangunan yang berada di belakang stasiun kereta api di Kharkiv, kota terbesar di Ukraina. Monumen tersebut dibangun 1932.
 
Palats Zaliznychnykiv merupakan bangunan bergaya arsitektur konstruktivis. Gaya arsitektur modern ini sangat berhubungan dengan komposisi struktur dan konstruksi. Arsitektur ini berkembang di Rusia pada 1920-an dan 1930-an. 
 
Baca juga: Mengenal Arsitektur Bergaya Kolonial di Indonesia

Bangunan ini dirancang oleh arsitek Rusia Aleksandr Dmitriev. Dia merupakan salah satu tokoh konstruktivime Rusia yang berpengaruh. Namun, bangunan ini lebih mengingatkan pada Art Déco daripada konstruktivisme.
 
Palats Zaliznychnykiv memiliki fasad plester beralur dan berdiri di atas alas granit. Di dalam teater bahan-bahan yang digunakan seperti pagar perunggu dan tiang dari granit.

Rusak digempur Rusia

Palats Zaliznychnykiv merupakan salah satu bangunan budaya yang rusak akibat serangan Rusia ke kota Kharkiv. Kota tersebut dikenal dengan warisan arsitekturnya yang sangat kaya dengan struktur modernis. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Monumen tersebut dianggap sebagai bangunan paling signifikan oleh arsitek Rusia Dmitriev dan salah satu contoh gaya konstruktivisme.
 
Perusahaan media Ukraina Babel mengatakan penghancuran Palats Zaliznychnykiv pada 18 Agustus disebut menjadi salah satu kejadian paling tragis yang terjadi di Kharkiv. 
 
Palats Zaliznychnykiv adalah salah satu dari banyak bangunan penting yang rusak selama invasi Rusia ke Ukraina. UNESCO melaporkan bahwa puluhan bangunan penting rusak di Ukraina.
 
Di antara situs yang rusak lainnya termasuk tugu peringatan di wilayah Kyiv yang didedikasikan untuk mereka yang meninggal dalam Perang Dunia II dan museum Popov Manor di Zaporizhzhya.
 
Arsitek Inggris Norman Foster baru-baru ini mengumumkan bahwa ia berencana untuk membantu membangun kembali kota Kharkiv.
 
"Saya berjanji untuk mengumpulkan pikiran terbaik dengan keterampilan perencanaan, arsitektur, desain, dan teknik terbaik di dunia untuk melahirkan kembali kota Kharkiv," kata Foster.

 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif