Dua gedung berbentuk silinder raksasa bernama Camemberts ini bagian dari Arenes de Picasso, Noisy-le-Grand di timur Paris. AFP Photo/Philippe Lopez
Dua gedung berbentuk silinder raksasa bernama Camemberts ini bagian dari Arenes de Picasso, Noisy-le-Grand di timur Paris. AFP Photo/Philippe Lopez

Kompleks Hunian 'Keju' di Pinggiran Paris

Properti prancis bangunan unik
Rizkie Fauzian • 28 Desember 2018 11:11
Paris: Sebuah pemukiman di kawasan Marne-la-Vallée, pinggiran Paris, Prancis memiliki arsitektur yang tak biasa. Desainnya menyerupai bangunan-bangunan di abad ke-6.
 
Noisy-le-Grand merupakan kawasan yang dibangun pada 1965, dalam bahasa Inggris artinya adalah Great Walnut Grove. Bangunan tersebut menggunakan arsitektur postmodern.
 
Gaya arsitektur ini lahir pada era tahun 1960-an sebagai bentuk reaksi perlawanan terhadap nilai minimalistik dan formalitas. Dezeen menulis pendorongnya adalah kurangnya variasi dalam gaya arsitektur modern yang berkembang saat itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirancang oleh arsitek Spanyol, Manuel Nunez Yanowsky menamai proyek perumahan tersebut Arènes de Picasso. Bentuknya yang unik membuatnya kompleks tersebut banyak diberi julukan, seperti camemberts-keju yang berasal dari daerah Normandy.
 
Kompleks Hunian 'Keju' di Pinggiran Paris
 
Namun banyak yang menyebut arsitekturnya mirip dengan sebuah roda. Beberapa orang juga beranggapan bahwa ilusi lubang di bagian tengahnya lebih mirip koin Asia.
 
Kompleks perumahan yang diresmikan pada 1984 tersebut dibangun untuk menginspirasi penghuninya dengan keindahann dengan harapan mendorong perilaku positif.
 
Tak hanya Arènes de Picasso yang memiliki bangunan unik, area perumahan Noisy-le-Grand juga memiliki Les Espaces d'Abraxas. Perumahan ini pernah digunakan sebagai lokasi film The Hunger Games.
 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif