Kompleks TIM yang penuh ruang terbuka hijau.  Foto: dok. Youtube Pemprov DKI Jakarta
Kompleks TIM yang penuh ruang terbuka hijau. Foto: dok. Youtube Pemprov DKI Jakarta

Desain TIM, Ruang Terbuka Hijau hingga Ramah Disabilitas

Properti transisi taman ismail marzuki desain interior bangunan sejarah
Anggi Tondi Martaon, Rizkie Fauzian • 28 November 2019 10:44
Jakarta: Sejak diresmikan pada 1968, Taman Ismail Marzuki (TIM) digunakan sebagai ruang ekspresi para seniman menyajikan karya-karyanya. Tak hanya itu, TIM juga berfungsi sebagai ruang publik tempat berkumpulnya semua orang.
 
Maka tak heran, jika desain revitalisasi tak melulu soal bangunan, tetapi memprioritaskan ruang terbuka yang luas. Bahkan ruang terbuka hijau akan dibuat di setiap lantai salah satu bangunan di kompleks TIM.
 
Desain revitalisasi dirancang dari akar semangat budaya lokal tanpa menafikan konsep modernitas, keindahan, kenyamanan, dan keasrian lingkungan. Oleh karena itu, setiap desain dibuat untuk memudahkan para pelaku seni dan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terdapat selasar yang digunakan untuk menuangkan ide-ide dan kreativitas komunitas serta para pelaku seni. Ruang terbuka hijau dibuat di setiap lantai gedung Perpustakaan Umum Daerah dan Pusat Dokumentasi Sastra H. B. Jassin sehingga pengunjung bisa melihat lingkungan sekitar.
 
Selain itu, atap Perpustakaan Umum Daerah dan Pusat Dokumentasi Sastra H. B. Jassin akan dibuat Teater Arena. Tempat itu difungsikan sebagai ruang membaca dan praktek laku-laku artistik seni.
 
Ada juga galeri sebagai tempat untuk menuangkan ide atau gagasan serta laku kesenian di atas kanvas, maupun dalam bentuk patung dan instalasi. Taman di atas gedung untuk menambah estetika dan sebagai alternatif kota ramah lingkungan.
 
Renovasi juga akan dilakukan pada Masjid Amir Hamzah. Tampilan rumah ibadah yang memiliki luas 1.738 meter persegi itu nantinya akan lebih segar, terutama bagian atap yang ditanami tanaman hijau dan keberadaan kolam yang mengelilingi bangunan.
 
Bangunan di kompleks TIM juga ramah terhadap penyandang disabilitas. Selain itu, revitalisasi kompleks TIM juga tidak melupakan aspek keselamatan karena disediakan khusus mobil pemadam kebakaran.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif