Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

KPU Desak Peserta Pilkada Aktif Gelar Kampanye Daring

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 22 September 2020 23:36
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut tidak sedikit peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang masih memandang kampanye daring kurang efektif. Mereka berkeinginan menggelar kampanye secara tatap muka di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
Komisioner KPU Viryan Azis mendorong peserta pilkada beralih memanfaatkan media sosial sebagia media berkampanye. Sosialisasi mengenai masalah ini dilakukan KPK secara intens untuk mengubah sudut pandang peserta pilkada.
 
"Kegiatan kampanye media sosail dan media daring ini bisa meningkatan elektabilitas secara signifikan," ujar Viryan dalam diskusi daring, Selasa, 22 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berkaca pada pendaftaran pasangan calon pada Jumat hingga Minggu, 4-6 September 2020, banyak peserta pilkada datang dengan memboyong massa. Hal ini menjadi tantangan bagi KPU untuk mencegah terjadinya potensi penyebaran covid-19 selama tahapan Pilkada 2020.
 
"Ada tantangan sosialisasi dan edukasi kepada tim kampanye bahwa beriklan di media sosial meningkatkan elektabilitas, mendapatkan kepercayaan publik lebih baik lagi," tutur dia.
 
Baca: Pilgub Sumbar Paling Rawan Politik Uang
 
Viryan meminta pengelola media sosial dapat memberikan data efektivitas penggunaan media sosial dalam berkampanye. Hal ini bakal menjadi bukti nyata untuk peserta pilkada yang ngotot menggelar kampanye tatap muka.
 
"Ada pemberitaan bahan-bahan yang bisa kita bantu menyebarluaskan betapa efektif kampanye melalui media sosial atau daring," imbuh dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif