Pengukuhan penjabat Bupati Bantul. Foto: Humas Pemerintah DIY
Pengukuhan penjabat Bupati Bantul. Foto: Humas Pemerintah DIY

Kepala Bappeda DIY Pejabat Sementara Bupati Bantul

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020 Pilkada Bantul
Ahmad Mustaqim • 26 September 2020 14:25
Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, menetapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Budi Wibowo sebagai penjabat (pj) Bupati Bantul, Sabtu, 26 September 2020.
 
"Proses pengambilan keputusan penting yang sementara ini tertunda, dapat segera dilaksanakan kembali sesuai kewenangan yang ada pada penjabat bupati," kata Sri Sultan.
 
Bupati Bantul, Suharsono, memastikan maju dalam pilkada serentak pada Desember 2020. Suharsono berpasangan dengan Totok Sudarto Sedangkan Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih berpasangan dengan Joko Purnomo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Sanksi Berat Ancam Cakada yang Menyalahgunakan Kewenangan
 
Sesuai keputusan Menteri Dalam Negeri, kata Sri Sultan, masa tugas Pj Bupati Bantul maksimal enam bulan ke depan. Ia mengatakan ada dua tugas inti yang akan dijalankan Budi Wibowo.
 
"Melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan membantu kelancaran penyelenggaraan pilkada untuk memilih pasangan bupati/wakil bupati Bantul periode 2020-2023," ujarnya.

Sri Sultan berharap Budi Wibowo bisa membantu melancarkan jalannya pemerintahan di Kabupaten Bantul. Apalagi Budi pernah menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo.
 
Selain itu, yang bersangkutan dinilai cukup mengenal peta sosio-kultural kemasyarakatan Bantul. Sehingga bisa diharapkan, manajemen pemerintahan sementara yang dijalankannya akan selalu berbasis pada kepentingan masyarakat.
 
"Sedangkan untuk tugas kedua, karena pilkada langsung baru kali ini terkena pandemi covid-19, sehingga perlu menjalankan protokol kesehatan saat kampanye, penjabat bupati harus melakukan pencermatan yang mendalam dengan penuh kehati-hatian," kata dia.
 
Baca juga:Ketua IBI Bengkulu Meninggal Usai Tertular Covid-19
 
Ia berharap perangkat di Pemerintah Kabupaten Bantul turut mendukung kerja penjabat bupati. Ia menilai ada beberapa agenda penting daerah yang harus dituntaskan.
 
"Dengan kondisi seperti itu, saya berharap, agar semua perangkat Kabupaten Bantul membantu penjabat bupati menghadapi dan melaksanakan agenda-agenda daerah yang sangat penting dalam waktu dekat. Kepada saudara Budi Wibowo, selamat bekerja dan mengabdi," jelasnya.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif