Calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Utara, nomor urut 02, Iranto Lambrie-Irwan Sabri. (Foto: MetroTV)
Calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Utara, nomor urut 02, Iranto Lambrie-Irwan Sabri. (Foto: MetroTV)

Langkah Irianto-Irwan Tingkatkan Ekonomi Kaltara

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020 Debat Pilgub Kaltara
Kautsar Widya Prabowo • 30 November 2020 21:07
Jakarta: Calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Utara, nomor urut 02, Iranto Lambrie-Irwan Sabri, telah menyiapkan sejumlah program terkait ekonomi hingga pembangunan infrastruktur yang dapat meningkatkan daerah Kalimantan Utara.
 
Pembangunan pembangkit listrik tenaga air di Sungai Kayan, dan sungai-sungai lainnya akan dilanjutkan hingga melakukan pembangunan yang dapat menunjang perekonomian. Seperti membangun kawasan industri dan pelabuhan internasional di Tanah Kuning.
 
"Pengembangan bandara, sungai, dermaga prasarana jalan dan jembatan, pasar tradisional dan modren, peningkatan eskpor kelautan dan perikanan, pertanian pangan dan perkebunan, serta komoditas nonmigas lainnya," ujar Iranto, dalam Debat Pilgub Provinsi Kalimantan Utara yang disiarkan di Metro TV, Senin, 30 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Udin-Undun Tawarkan 14 Program Bangun Kesejahteraan Masyarakat Kaltara
 
Selain itu ia juga akan melakukan upaya pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta koperasi, kelompok petani dan nelayan. Mendorong investasi pemerintah, swasta dan asing dalam membuka lapangan pekerjaan.
 
"Menurunkan angka pengangguran dan angka kemiskinan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan," ungkap dia.
 
Selain itu, di sektor pertanian akan ditingkatkan dan diperluas program intensifikasi dan esktensifikasi pertanian melalui budi daya berkelanjutan, termasuk pemberian pupuk bersubsidi. Lalu sejumlah petani akan mendapat pelatihan
 
"Sektor pertanian akan menjadi salah satu unsur penting program mapan, masyarakat pintar dan mandiri," tuturnya.

Sektor energi, pasangan yang akrab disingkat Irwa akan meningkatkan jumlah daerah yang mendapat penyaluran listrik selama 24 jam. Kondisi tersebut masih ditemukan di desa-desa terpencil, terisolasi, dan terluar yang selama ini sudah dilaksanakan.
 
Kondisi serupa juga akan diterapkan untuk memperluas subsidi bahan bakar minyak (BBM) di wilayah pendalaman dan perbatasan.
 
"Dalam rangka pengembangan wilayah perbatasan akan melanjutkan dan mendorong terwujudnya pembangunan pos lintas batas negara dipancang di Sebatik dan lainnya," ujar dia.
 
Selanjutnya pembangunan peningkatan serta pemeliharaan terhadap sarana dan prasaran jalan dan jembatan. Serta juga dilakukan terhadap perhubungan udara di wilayah perbatasan.
 
"Irwa berkomitmen menyelenggarakan pengelolaan lingkungan hidup secara bijak dan lestari melalui program berawasan lingkungan, mengurangi dan menurunkan emisi gas," imbuh Irwanto.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif